COMMUNITY

Studi: Generasi MZ Utamakan Nilai Ramah Lingkungan saat Membeli Produk

Yuni Yuli Yanti
Selasa 20 September 2022 / 08:00
Jakarta: Tren gaya hidup berkelanjutan semakin berkembang di Indonesia. Sejumlah studi menunjukkan adanya peningkatan kesadaran akan isu lingkungan di kalangan generasi MZ Indonesia(gabungan dari generasi milenial dan generasi Z) yang tercermin dari bagaimana mereka mempertimbangkan dampak dari produk atau layanan yang akan mereka beli terhadap lingkungan. 

Jajak pendapat yang dilakukan oleh ajang Playfest 2022: Reactive Your Sense, Danone Aqua menyatakan bahwa 98,9 persen partisipan mulai menyadari pentingnya untuk memilih, membeli, dan mengkonsumsi produk-produk yang diolah secara berkelanjutan. Sementara, 96,7 persen dari mereka juga mempertimbangkan untuk memilih membeli produk dari produsen yang telah melakukan berbagai inisiatif keberlanjutan dibandingkan perusahaan yang belum memperhatikan faktor keberlanjutan dalam operasional bisnisnya. 

Bahkan, 91,6 persen partisipan melakukan riset terlebih dulu sebelum membeli suatu produk, tak hanya itu, dan 89,4 persen dari partisipan juga mengaku bahwa mereka sudah menerapkan gaya hidup #BijakBerplastik. 

"Data tersebut menunjukkan bahwa generasi muda Indonesia siap melakukan aksi nyata untuk memberikan kontribusi pada lingkungan dengan cara menggunakan produk atau layanan yang lebih ramah lingkungan. Sehingga, mereka membutuhkan dukungan dari pelaku usaha atau brand untuk menyediakan produk/layanan tersebut," tutur Flora Tobing, Senior Brand Manager Danone-AQUA. 

Flora melanjutkan sebagai perusahaan yang senantiasa mendukung gaya hidup berkelanjutan, Danone-AQUA berkomitmen untuk membuat 100 persen kemasan plastiknya dapat digunakan kembali, dapat didaur ulang atau dapat dikomposkan, serta menggunakan hingga 50 persen material daur ulang pada tahun 2025. Sejak 2018, Danone-AQUA terus memperkuat komitmennya ini dengan menghadirkan beragam program, salah satunya #BijakBerplastik. 


(Flora Tobing, Max Mandias, dan Vania Herlambang dalam acara Playfest 2022: Reactive Your Sense, Danone Aqua, Sabtu, 17 September 2022. Foto: Dok. Istimewa)

"Melalui program ini, Danone-AQUA telah berhasil mengumpulkan lebih dari 15.000 ton sampah plastik per-tahunnya yang kemudian didaur ulang kembali menjadi bahan baku kemasan botol baru ataupun produk lain yang memiliki nilai ekonomi. Melalui program lainnya, yaitu #bottle2fashion, Danone-AQUA bersama fashion brand H&M, mengolah limbah recycled plastic (polyester) sebagai bahan untuk produk-produk fashion," jelas Flora. 

Sementara, Max Mandias seorang Healthy Food Educator sekaligus Co-founder Burgreens menjelaskan mengenai bagaimana aa menggunakan brand Burgreens sebagai inspiring platform untuk menyebarkan gaya hidup ramah lingkungan di Indonesia. 

"Eksistensi Burgreens hingga saat ini merupakan bukti bahwa konsumen Indonesia menyambut baik pelaku usaha atau brand ramah lingkungan dan permintaan akan produk yang mempertimbangkan keberlangsungan lingkungan itu memang ada. Karenanya untuk menjaga momentum ini, dibutuhkan lebih banyak pelaku usaha atau brand yang berkomitmen dalam menciptakan produk/layanan yang ramah lingkungan. Sesuai prinsip supply and demand, disaat barang/layanan tersedia, maka permintaan akan tercipta," ujar Max. 

Vania Herlambang selaku Puteri Indonesia Lingkungan 2018 pun menambahkan penerapan gaya hidup ramah lingkungan lebih simple dari yang kita bayangkan, bahkan dapat mengurangi biaya hidup.

"Semakin sering kita lakukan, akan semakin cepat menjadi kebiasaan, bahkan apa yang kita lakukan juga dapat menginspirasi orang di sekitar kita sehingga bersama-sama kita menciptakan tren gaya hidup yang dapat berdampak baik bagi bumi kita tercinta. Bila pelaku usaha berlomba-lomba menghadirkan inovasi dan inisiatif ramah lingkungan, maka kita sebagai konsumen juga perlu untuk terus mengedukasi diri sendiri mengenai isu lingkungan dan mulai melakukan tindakan nyata," tutup Vania. 
(yyy)

MOST SEARCH