COMMUNITY

Strategi Circular for Zero demi Mengurangi Pencemaran Lingkungan

A. Firdaus
Kamis 28 April 2022 / 18:11
Jakarta: Circular for Zero merupakan sebuah inisiatif global Novo Nordisk untuk mencapai zero environmental impact (nol dampak untuk lingkungan) atau mengurangi pencemaran lingkungan. Novo Nordisk telah memulai berbagai langkah pertama untuk merealisasikan tujuan ini.

Dalam upaya mencapai tujuan besar perusahaan, yaitu nol dampak untuk lingkungan (zero environmental impact), Novo Nordisk Indonesia melaksanakan berbagai kegiatan, termasuk mengalihkan metode pengiriman produk, dari angkutan udara menjadi angkutan laut dan meluncurkan kampanye internal: Plastic Funtastic: Turning Your Plastic Waste into Something Fantastic,” yang mendorong karyawan mengurangi penggunaan plastik.

Meskipun telah memulai langkah pertama, perusahaan ini terus mencari pendekatan baru untuk mencapai lebih banyak dan meyakini bahwa penerapan circular mindset merupakan hal yang baik bagi perusahaan dan lingkungan. Misalnya, Novo Nordisk menyadari bahwa pengiriman produk menghasilkan limbah CO2 yang cukup banyak sehingga Novo Nordisk memutuskan untuk beralih ke metode pengiriman melalui laut.

"Ambisi kami untuk mencapai zero environmental impact merupakan landasan aspirasi kami dalam rangka menjadi perusahaan dengan bisnis yang berkelanjutan. Untuk memimpin dan menjadi yang terdepan dalam perubahan, kami telah menerapkan pendekatan yang cukup berani, berdampak luas, dan diterapkan di seluruh bagian perusahaan untuk mengatasi masalah lingkungan," ujar Novo Nordisk Indonesia Finance & Operations Director, Rasmus Hansen.

Pengiriman udara merupakan pendorong utama pencemaran lingkungan karena menghasilkan 75 persen dari total emisi CO2 dalam distribusi produk. Dengan beralih ke metode pengiriman dengan angkutan laut, Novo Nordisk Indonesia berkontribusi dalam mengurangi jejak karbon perusahaan dan dengan demikian selangkah lebih maju dalam mencapai zero environmental impact.

Selain itu, perusahaan juga mengadakan kampanye 'Plastic Funtastic' yang menjadi bagian dari kegiatan TakeAction Novo Nordisk dan merupakan program sukarela yang melibatkan karyawan global Novo Nordisk, untuk mendorong perubahan di bidang kesehatan, sosial, dan lingkungan.

Sebagai kampanye internal, kegiatan tersebut mengajak karyawan Novo Nordisk Indonesia untuk proaktif mengurangi sampah plastik. Pendiri dan direktur pelaksana Waste4Change Indonesia Mohamad Bijaksana Junerosano mengatakan, studi terakhir yang dilakukan perusahaan menunjukkan bahwa pada 2019, Indonesia menghasilkan sekitar 175.000 ton sampah setiap harinya atau sekitar 14 persen atau 24.500 ton plastik per hari.

Sekitar 81 persen sampah di Indonesia juga tidak dipilah. Selain itu, kemasan isi ulang dan berbagai jenis plastik lunak akan dibuang dan menjadi sampah karena tidak dapat didaur ulang, tidak seperti botol dan sampah plastik keras yang lebih mudah didaur ulang.

Sebagai kampanye yang holistik, 'Plastic Funtastic' terdiri dari beberapa kegiatan seperti talkshow online untuk mengedukasi karyawan agar lebih paham mengenai dampak sampah plastik terhadap lingkungan, mendorong karyawan untuk memilah sampah plastik, dan membangun kamar mandi umum untuk para pemulung sampah yang dibuat dari sampah plastik yang dikumpulkan oleh karyawan.
(FIR)

MOST SEARCH