BEAUTY

Concealer, Cara Cepat Hilangkan Si Mata Panda

Mia Vale
Senin 27 Juni 2022 / 11:05
Jakarta: Memiliki kulit wajah yang halus, mukus, dan sehat, tentu menjadi dambaan para wanita. Namun, bagaimana bila di bawah mata kamu terdapat lingkaran berwarna hitam layaknya mata panda? Wah, sudah pasti akan mengurangi rasa percaya diri. Mata panda kerap membuat kita tampak lebih tua, lelah, dan tidak segar.

Seperti yang dilansir dari laman Glamour, mata panda umumnya disebabkan oleh kelelahan atau kurang tidur. Selain dua kondisi tersebut, mata panda juga bisa disebabkan oleh dehidrasi, rokok dan konsumsi alkohol berlebih, faktor genetik, terlalu lama melihat gawai, serta alergi.

Tak hanya itu, mata panda juga dapat disebabkan oleh proses penuaan. Pasalnya, seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami penipisan kulit serta berkurangnya jaringan lemak dan kolagen. Hal ini akan membuat pembuluh darah di bawah mata terlihat menonjol, sehingga warna kulit terlihat lebih gelap.

"Penyebab umum lingkaran hitam dari pigmen adalah iritasi. Hal ini menyebabkan deposit pigmen melanin, yang disebut hiperpigmentasi pasca-inflamasi—dokter kulit menyebut lingkaran hitam ini sebagai penyemir alergi," jelas Dr Loretta Ciraldo. 
 

Gunakan kosmetik



(Cara cepat hilangkan si mata panda dengan concealer. Video: Dok. Instagram Sissy Sidiyanti/@sidiyantoi)


Selain dikompres dengan es batu atau tidur yang cukup, mata panda ini juga bisa disiasati dengan pemakaian kosmetik. Concealer, misalnya. Menukil dari akun Instagram Sissy Sidiyanti/@sidiyantoi, cara 'mengakali' mata panda, pilih concealer warna oranye, dan gunakan di bawah mata yang berwarna gelap. 

Lalu, ratakan dengan spons atau jari. Bila sudah rata, gunakan sekali lagi dengan concealer yang warnanya sama dengan kulit. Kemudian ratakan dengan spons atau jari. Ingat, makin gelap lingkaran di bawah mata, concealer yang digunakan harus lebih oranye lagi.

Lantas, bagaimana bila tidak memiliki concealer? Tak usah khawatir, cukup gunakan foundation. Caranya, pilih foundation yang warnanya satu kali lebih gelap dari kulitmu. Kemudian, sapukan foundation tepat di kantung hitam yang ada di bawah mata, lalu ratakan dengan spons atau jari.

Meski bukan kondisi medis yang serius, tetap perlu waspada jika mata panda tak kunjung hilang setelah beberapa hari atau berminggu-minggu.

Lakukan konsultasi dengan dokter jika mata menjadi bengkak atau mata panda bertambah hitam setelah mencoba berbagai cara menghilangkan mata panda. Dengan begitu kamu akan mendapatkan penanganan yang sesuai.

(TIN)

MOST SEARCH