BEAUTY

Hijabers Begini Caranya Mengatasi Bau Badan Tak Sedap

Raka Lestari
Senin 07 Februari 2022 / 08:00
Jakarta: Keringat yang berlebihan sering kali dapat menyebabkan bau badan tak sedap. Termasuk, bagi wanita berhijab yang menggunakan pakaian tertutup, juga bisa menjadi pemicu bertambahnya produksi keringat tersebut. Hal ini tentu bisa mengurangi rasa percaya diri ya! 

Dr. Ika Anggraini, Sp.DV, seorang dermatologis, menyarankan bagi wanita berhijab untuk mengurangi produksi keringat berlebihan, sebaiknya menggunakan produk perawatan kulit di daerah ketiak yang mengandung antiperspirant. 

Selain itu, pilih juga deodoran dengan bahan yang tidak menyebabkan iritasi. Seperti deodoran yang mengandung aluminium klorida. Biasanya kandungan aluminium klorida konsentrasinya cukup kecil sehingga aman untuk kulit.

“Manfaat lain dari aluminium klorida juga dapat mengurangi produksi kelenjar apokrin di kulit ketiak. Dan jangan lupa untuk selalu menggunakan pakaian yang berbahan katun supaya proses evaporasi atau penguapan keringat bisa terjadi sehingga tidak terlalu banyak keringat yang mengumpul di kulit,” ujar dr. Ika dalam acara Virtual Presss Conference Nivea Hijab, pada Sabtu, 5 Februari 2022.


(Hijabers jika ingin memilih pakaian dalam seperti tanktop pilihlah yang berbahan dasar katun. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

Menurutnya, keringat yang terlalu banyak mengumpul di kulit itu bisa memicu pertumbuhan bakteri. Ketika bakteri tersebut bereaksi dengan asam lemak bebas maka akan terjadi bau badan. Jika sedang tidak menggunakan pakaian katun, bisa juga dengan menggunakan tanktop sebagai dalaman.

“Kalau ingin pakai tanktop, pilih bahan yang breathable sehingga akan lebih mudah bagi kulit untuk tetap bernapas. Tanktop yang breathable itu tidak akan menyebabkan keringat terlalu menumpuk di area kulit sekitar ketiak,” jelasnya.

Dr. Ika juga menyarankan bagi para hijabers jika ingin memilih pakaian dalam seperti tanktop pilih yang berbahan dasar katun. “Bahan katun itu lembut bagi kulit, sehingga tidak menyebabkan gesekan pada kulit. Karena jika terjadi gesekan, kulit akan mudah gatal. Jika dibiarkan akan membuat iritasi dan kulit ketiak menjadi lebih gelap,” tutupnya.
(yyy)

MOST SEARCH