BEAUTY

5 Kegunaan Lidah Buaya sebagai Skincare Harianmu

Raka Lestari
Sabtu 16 April 2022 / 13:28
Jakarta: Lidah buaya terkenal akan kegunaannya untuk mengatasi sunburn. Selain itu, lidah buaya juga bisa dijadikan bahan makanan yang kaya akan nutrisi.

Nyatanya, fungsi lidah buaya tak cuma itu. Berikut ini adalah beberapa kegunaan dari lidah buaya yang mungkin belum kamu ketahui:
 

1. Pelembap wajah


“Daun padat air yang dikombinasikan dengan senyawa tanaman tertentu yang disebut karbohidrat kompleks membuat lidah buaya menjadi pelembab wajah yang efektif. Itulah mengapa lidah buaya banyak ditemukan dalam krim wajah yang berfungsi untuk menenangkan dan menghidrasi kulit,” kata dokter kulit Lian A. Mack, MD.
 

2. Obat jerawat


Dr Mack juga mengatakan bahwa lidah buaya dapat digunakan untuk mengobati jerawat, tetapi lidah buaya efektif hanya untuk jerawat yang muncul di permukaan kulit daripada jerawat kistik. Untuk itu, jika kamu memiliki jerawat yang menonjol, kamu bisa mengaplikasikan lidah buaya dengan metode spot treatment pada jerawatmu tersebut untuk mengurangi inflamasi.
 

3. Pembersih make up


Dr. Mack menyukai lidah buaya sebagai alternatif pembersih make up. Kulit di wajah, terutama di sekitar matamu, dianggap sebagai salah satu bagian kulit paling halus di seluruh tubuhmu.

“Karena kelembapannya, lidah buaya mampu dengan mudah dan lembut menghapus riasan," ujar Dr. Mack.
 

4. Memperbaiki kulit rusak


Kondisi kulit seperti Psoriasis dan Eksim biasanya disebabkan oleh kerusakan pada pelindung kelembaban kulit dan atau dipicu oleh infeksi internal seperti radang, cuaca dingin, dan cedera kulit. Mengingat kemampuan menghidrasi dari lidah buaya, hal itu dapat membantu dalam pengobatan.

"Lidah buaya dapat mengisi kembali kelembapan kulit, yang sangat terganggu dalam kedua kondisi kulit ini," kata Dr. Mack.
 

5. Meredakan mata panda


Dengan kemampuan lidah buaya untuk mengurangi peradangan dan sifat antioksidannya yang kuat, bahan ini juga bagus untuk mengatasi kantung mata atau mata yang bengkak. Oleskan lidah buaya dengan lembut di bawah matamu untuk meningkatkan sirkulasi, membuang cairan yang menumpuk, dan mengurangi pembengkakan.
(FIR)

MOST SEARCH