Jakarta: Setiap tanggal 1 November diperingati sebagai Hari Vegan Sedunia. Kini tak hanya soal konsumsi makanan, gaya hidup vegan juga sudah merambah ke dunia kecantikan seperti skincare dan make up.
Berdasarkan laporan Pasar Kosmetik Vegan Global (Business Research Company, 2024), secara global, pasar ini bernilai USD18,61 miliar pada tahun 2024 dan diprediksi akan terus mengalami pertumbuhan yang kuat hingga USD25,61 miliar pada tahun 2028.
Di Indonesia, banyak brand perawatan kulit yang kini juga sudah mulai mengadopsi konsep vegan dan salah satu contohnya adalah Base. Didirikan oleh Yaumi Fauziah Sugiharta dan Ratih Permata Sari pada tahun 2019, Base membuat produknya dengan memadukan kekayaan nabati dan sains untuk memastikan produk yang efektif dan tetap ramah lingkungan.
Baca juga: 5 Rekomendasi Hydrating Toner yang Menyegarkan dan Bikin Kulit Cerah
“Kami berkomitmen untuk menjadi Vegan Beauty Brand nomor satu di Indonesia yang dapat menjawab kebutuhan kulit setiap orang. Oleh karena itu, kami menghadirkan beragam produk yang disesuaikan dengan berbagai jenis dan kondisi kulit," buka Yaumi Fauziah Sugiharta, Base Co-Founder & Chief Executive Officer.
"Untuk memperluas jangkauan produk Base, kami juga mulai masuk ke platform e-commerce di tahun 2021. Awalnya kami hanya memanfaatkan website sendiri, namun kami sadar bahwa platform e-commerce seperti Shopee sudah punya trafik yang lebih tinggi dan bisa membantu kami menjangkau konsumen baru,” tambah Yaumi Fauziah Sugiharta.
Seluruh produk Base 100 persen vegan dengan lebih dari 140 bahan organik yang diformulasikan tanpa phthalates, paraben, SLS, pewangi artifisial, dan pewarna artifisial. Berdasarkan data internal platform belanja online Shopee, berikut adalah tiga produk andalan Base yang menarik banyak pemerhati vegan beauty saat ini:

(Base. Dok. Instagram Base/@itsmybase)
Serum ini memiliki kandungan peptida dari ekstrak biji quinoa serta prebiotik dari ekstrak fermentasi oat yang menyeimbangkan mikrobioma kulit, beberapa bahan vegan yang dapat mencegah penuaan dini. Produk alternatif retinol ini menjadi incaran nomor satu pembeli produk Base di Shopee.
Lip tint vegan yang diperkaya dengan Olive Squalane yang melembutkan bibir, Sodium Hyaluronate yang melembapkan, dan Spirulina yang kaya antioksidan, sukses membuatnya menjadi salah satu produk favorit.
Proses pembersihan wajah yang efektif merupakan kunci utama dalam penyerapan produk skincare. Double cleansing disarankan untuk memastikan wajah bebas dari kotoran dan sisa make up, sehingga produk skincare dapat menyerap dengan lebih baik dan bekerja secara optimal.
Yaumi menambahkan bahwa, “Pemanfaatan platform e-commerce mendorong pertumbuhan bisnis Base secara signifikan. Di Shopee contohnya, pendapatan Base di Semester I-2024 meningkat hingga 550 persen jika dibandingkan Semester I-2023." Pertumbuhan bisnis Base juga tidak terlepas dari dukungan komunitas Affiliates Base. Dan banyak dari Affiliates Base di Shopee adalah pengguna biasa atau konten kreator baru, bukan influencer atau konten kreator besar.
Namun justru para konten kreator baru inilah yang turut menjadi pendorong utama kesuksesan penjualan. Selain program Affiliates, pertumbuhannya juga terdorong oleh beberapa fitur dan program promosi lainnya.
"Sejak bergabung di Shopee, kami sangat senang melihat antusiasme masyarakat Indonesia yang begitu tinggi terhadap produk kami. Dengan terus berinvestasi dan mengembangkan strategi pada fitur Iklan Shopee, program kampanye, Shopee Live, dan Affiliates Marketing Solutions, kami bisa menjangkau lebih banyak konsumen yang membutuhkan produk skincare vegan," tutup Ratih Permata Sari, Base Co-Founder & Chief Product Officer.
Pemanfaatan teknologi e-commerce adalah salah satu langkah efektif yang terbukti dapat turut membantu Base mewujudkan komitmennya untuk menjadi vegan beauty.
(Exfoliasi dengan Exfoliating Pads. Video: Dok. Instagram Base/@itsmybase-Sabrina Chairunnisa/@sabrinachairunnisa_)
Cek Berita dan Artikel yang lain di
(TIN)
Berdasarkan laporan Pasar Kosmetik Vegan Global (Business Research Company, 2024), secara global, pasar ini bernilai USD18,61 miliar pada tahun 2024 dan diprediksi akan terus mengalami pertumbuhan yang kuat hingga USD25,61 miliar pada tahun 2028.
Di Indonesia, banyak brand perawatan kulit yang kini juga sudah mulai mengadopsi konsep vegan dan salah satu contohnya adalah Base. Didirikan oleh Yaumi Fauziah Sugiharta dan Ratih Permata Sari pada tahun 2019, Base membuat produknya dengan memadukan kekayaan nabati dan sains untuk memastikan produk yang efektif dan tetap ramah lingkungan.
Baca juga: 5 Rekomendasi Hydrating Toner yang Menyegarkan dan Bikin Kulit Cerah
“Kami berkomitmen untuk menjadi Vegan Beauty Brand nomor satu di Indonesia yang dapat menjawab kebutuhan kulit setiap orang. Oleh karena itu, kami menghadirkan beragam produk yang disesuaikan dengan berbagai jenis dan kondisi kulit," buka Yaumi Fauziah Sugiharta, Base Co-Founder & Chief Executive Officer.
"Untuk memperluas jangkauan produk Base, kami juga mulai masuk ke platform e-commerce di tahun 2021. Awalnya kami hanya memanfaatkan website sendiri, namun kami sadar bahwa platform e-commerce seperti Shopee sudah punya trafik yang lebih tinggi dan bisa membantu kami menjangkau konsumen baru,” tambah Yaumi Fauziah Sugiharta.
Seluruh produk Base 100 persen vegan dengan lebih dari 140 bahan organik yang diformulasikan tanpa phthalates, paraben, SLS, pewangi artifisial, dan pewarna artifisial. Berdasarkan data internal platform belanja online Shopee, berikut adalah tiga produk andalan Base yang menarik banyak pemerhati vegan beauty saat ini:

(Base. Dok. Instagram Base/@itsmybase)
1. Rich moisture & youthful firming serum
Serum ini memiliki kandungan peptida dari ekstrak biji quinoa serta prebiotik dari ekstrak fermentasi oat yang menyeimbangkan mikrobioma kulit, beberapa bahan vegan yang dapat mencegah penuaan dini. Produk alternatif retinol ini menjadi incaran nomor satu pembeli produk Base di Shopee.
2. Gloss & go lip tint
Lip tint vegan yang diperkaya dengan Olive Squalane yang melembutkan bibir, Sodium Hyaluronate yang melembapkan, dan Spirulina yang kaya antioksidan, sukses membuatnya menjadi salah satu produk favorit.
3. Daily renewal natural exfoliating pads
Proses pembersihan wajah yang efektif merupakan kunci utama dalam penyerapan produk skincare. Double cleansing disarankan untuk memastikan wajah bebas dari kotoran dan sisa make up, sehingga produk skincare dapat menyerap dengan lebih baik dan bekerja secara optimal.
Yaumi menambahkan bahwa, “Pemanfaatan platform e-commerce mendorong pertumbuhan bisnis Base secara signifikan. Di Shopee contohnya, pendapatan Base di Semester I-2024 meningkat hingga 550 persen jika dibandingkan Semester I-2023." Pertumbuhan bisnis Base juga tidak terlepas dari dukungan komunitas Affiliates Base. Dan banyak dari Affiliates Base di Shopee adalah pengguna biasa atau konten kreator baru, bukan influencer atau konten kreator besar.
Namun justru para konten kreator baru inilah yang turut menjadi pendorong utama kesuksesan penjualan. Selain program Affiliates, pertumbuhannya juga terdorong oleh beberapa fitur dan program promosi lainnya.
"Sejak bergabung di Shopee, kami sangat senang melihat antusiasme masyarakat Indonesia yang begitu tinggi terhadap produk kami. Dengan terus berinvestasi dan mengembangkan strategi pada fitur Iklan Shopee, program kampanye, Shopee Live, dan Affiliates Marketing Solutions, kami bisa menjangkau lebih banyak konsumen yang membutuhkan produk skincare vegan," tutup Ratih Permata Sari, Base Co-Founder & Chief Product Officer.
Pemanfaatan teknologi e-commerce adalah salah satu langkah efektif yang terbukti dapat turut membantu Base mewujudkan komitmennya untuk menjadi vegan beauty.
(Exfoliasi dengan Exfoliating Pads. Video: Dok. Instagram Base/@itsmybase-Sabrina Chairunnisa/@sabrinachairunnisa_)
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(TIN)