BEAUTY

Bagaimana Cara Mengatasi Hair Bullying?

Raka Lestari
Sabtu 23 April 2022 / 10:18
Jakarta: Rambut seringkali dijuluki sebagai mahkota bagi para perempuan. Untuk itu, tidak jarang para perempuan melakukan berbagai perawatan untuk mendapatkan untaian rambut terbaiknya.

Akan tetapi, banyak juga perempuan yang sering mendapatkan ejekan atau komentar negatif terhadap rambutnya tersebut. Pengalaman mendapatkan ejekan rambut ternyata berdampak pada kepercayaan diri perempuan, bahkan bisa menghambat potensi diri.

Berdasarkan survei perempuan di Asia Tenggara yang dilakukan Dove tahun 2020, sebanyak 88% perempuan merasa kehidupan sosialnya terganggu oleh standar kecantikan rambut. Selain itu 75% perempuan kehilangan rasa percaya diri dan 60% perempuan tidak merasa percaya diri untuk keluar rumah.

Menanggapi survei tersebut, psikolog klinis Indah Sundari J, M.Psi., Psikolog mengatakan faktor budaya membuat masyarakat memiliki  standar kecantikan tersendiri. Tak jarang hal ini diartikan sebagai tuntutan dan keharusan agar membuat perempuan merasa diterima di lingkungannya.

“Ketika perempuan tampil 'berbeda' termasuk gaya rambutnya dan merasa tidak diterima, akan berdampak pada kondisi psikologisnya. Ia akan merasa tidak percaya diri, bahkan mungkin merasa tidak berharga. Kondisi ini kemudian akan mengganggu kesehatan mental, menghambat potensi diri, dan membatasi pergaulan,” ujar Indah.

Untuk menanggapi orang-orang yang melakukan hair bullying ini, menurut Indah hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menenangkan diri terlebih dahulu. Kalau kita sedang ada di posisi yang tidak baik-baik saja, terus ada orang yang mengejek rambut kita, hal pertama yang bisa dilakukan adalah menghindari dari situasi tersebut.

“Kalau tetap memaksakan interaksi, sedangkan kita lagi tidak baik-baik saja justru akan membuat kondisi semakin buruk. Tarik napas, atur napas, kemudian tenangkan diri. Setelah netral emosinya, kita bisa lakukan beberapa hal untuk encounter hal tersebut. Atau bisa bilang ke mereka kalau kita suka dan nyaman-nyaman saja dengan rambut kita,” pungkas Indah.
(FIR)

MOST SEARCH