BEAUTY

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Mencegah Terjadinya Penuaan Tubuh

Raka Lestari
Sabtu 12 Maret 2022 / 09:15
Jakarta: Proses penuaan adalah hal alami yang akan terjadi pada tubuh. Namun kamu bisa memperlambat penuaan secara fisik maupun secara mental. Penelitian menunjukkan bahwa seseorang dengan usia yang sama mungkin memiliki usia biologis yang berbeda.

Menurut penelitian yang dilakukan Duke University tersebut, ada beberapa faktor selain faktor genetika yang dapat memengaruhi tingkat usia seseorang. Dikutip dari Reader's Digest, berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang bisa memperlambat faktor penuaan:
 

1. Olahraga


"Latihan aerobik atau aktivitas fisik apa pun yang meningkatkan pernapasan dan detak jantung dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Latihan keseimbangan dan latihan kekuatan menjaga kekuatan tulang, mengurangi nyeri radang sendi, dan mengurangi risiko terjatuh," kata Benjamin Epstein, MD, spesialis pengobatan keluarga dari Piedmont Physicians.

Selain itu, Benjamin juga mengatakan bahwa berolahraga dapat bermanfaat bagi kesehatan mental. Aktivitas fisik dapat mengurangi depresi dan kegelisahan, dan dapat membantu fungsi kognitif agar pikiran tetap tajam.
 

2. Memilih pola makan sehat


"Pola makan sehat di antaranya adalah mengurangi konsumsi makanan yang diproses, gula tambahan, dan garam. Menjauhkan makanan dengan gula dan lemak tidak sehat dapat mencegah inflamasi, diabetes, dan penyakit jantung," kata Dr Epstein.

Gandum utuh, beras merah, kacang-kacangan, ikan, ungags, dan telur merupakan beberapa jenis makanan yang baik untuk memperlambat penuaan. Apa yang kamu makan juga dapat berdampak pada pikiranmu.

"Makan makanan yang alami atau membuat sendiri di rumah dan membatasi daging merah membantu otak lebih tajam," ujar Jyotir Jani, MD, dokter perawatan primer dari Piedmont Healthcare.
 

3. Lebih banyak mengonsumsi sayur


"Mengonsumsi lebih banyak sayuran, biji-bijian dan buah-buahan dapat mendukung penuaan yang lebih sehat dengan memenuhi nutrisi penting untuk otak dan tubuh yang lebih sehat," kata Abby Sauer, MPH, RD, ahli diet terdaftar dari Abbott. 

Meskipun demikian, kamu juga masih bisa makanan lain seperti telur, susu rendah lemak, atau makanan laut yang mengandung nutrisi penting. Diet Mediterania, yang mencakup beberapa produk hewani, adalah contoh yang bagus dari diet nabati.
 

4. Mengonsumsi protein yang cukup


Mengonsumsi sayur dan buah memang penting, namun kamu juga tidak boleh melupakan asupan protein. Orang yang berusia di atas 40 dapat kehilangan hingga 8 persen dari massa otot mereka setiap sepuluh tahun, dan tingkat penurunan dapat berlipat ganda setelah usia 70.

"Orang dewasa sebaiknya mengonsumsi makanan yang memiliki sumber protein baik seperti kacang-kacangan, Greek yogurt, atau keju," kata Sauer.
 

5. Melakukan kegiatan di luar rumah


Vitamin D dapat membantu tulang agar tetap kuat dan juga dapat melindungi tubuh dari berbagai kondisi yang berhubungan dengan usia seperti penyakit jantung dan kanker. Mendapatkan sinar matahari sekitar 15-30 menit setiap harinya dapat mencukupi kebutuhan harian akan vitamin D.

"Kamu tidak harus berjemur untuk mendapatkannya, namun dengan menggunakan pakaian biasa juga tetap bisa mendapatkan manfaatnya. Selain itu dapatkan juga dari vitamin D dalam makanan, seperti ikan berlemak seperti salmon, kuning telur, dan makanan yang difortifikasi seperti sereal," kata Dr Jani.
(FIR)

MOST SEARCH