BEAUTY

5 Manfaat Wortel bagi Kesehatan Kulit, Salah Satunya Bikin Kulit Halus dan Lembap

Raka Lestari
Jumat 18 Maret 2022 / 15:00
Jakarta: Wortel merupakan sayuran yang identik dengan kesehatan mata karena memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Namun, selain baik untuk mata, ternyata wortel juga memiliki sejumlah manfaat lain untuk tubuh, termasuk kulit!

Melansir dari Be Beautiful, berikut lima manfaat wortel untuk kulit yang wajikamu ketahui, di antaranya:

 

Sumber antioksidan

Wortel adalah salah satu sumber utama antioksidan yang tersedia bagi manusia. Kandungan vitamin A yang cukup di dalam wortel dapat membantu mengusir radikal bebas dari tubuh. Mereka juga mencegah pengumpulan lemak dan empedu di hati, karena dapat membilasnya secara menyeluruh.

Karena wortel larut dalam air, sayuran berwarna jingga ini adalah pembawa racun yang sangat baik dan membantu mengeluarkannya dari tubuh. Juga, mencegah radikal bebas ke dalam tubuh, sehingga dapat memperlambat penuaan dan membuat kulit terlihat awet muda.

 

Mengatasi berbagai masalah kulit

Wortel sering kali dianggap sebagai salah satu superfood yang memiliki banyak manfaat termasuk pada kulit. Dikenal dengan manfaatnya dalam mengobati penyakit kulit seperti jerawat, dermatitis, jerawat, ruam dan lain sebagainya.

Selain kandungan antioksidan di dalamnya, wortel juga sarat dengan beta karoten yang bekerja pada penyembuhan bekas luka dan noda pada kulit. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu hanya perlu membuat bubur atau jus wortel, mengoleskannya pada kulit dan bersiaplah untuk mendapatkan warna kulit yang merata dan bercahaya.


(Wortel dikenal sebagai makanan penambah kecantikan karena mengandung nutrisi beberapa penting. Foto: Ilustrasi. Dok. Unsplash.com)

 

Mengatasi kulit kering

Salah satu keluhan kulit yang paling sering dialami banyak orang adalah kulit kering, terutama pada musim panas. Defisit nutrisi yang dapat menyebabkan kulit terkelupas adalah kurangnya kalium dalam tubuh. Kondisi ini juga  dapat diperbaiki dengan memasukkan wortel ke dalam makanan karena wortel dapat membantu menjaga kulit agar tetap lembap dan kenyal.


(Dikenal dengan manfaatnya dalam mengobati penyakit kulit seperti jerawat, dermatitis, jerawat, ruam dan lain sebagainya. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Melindungi dari cahaya matahari

Salah satu cara menjaga kulit dari paparan sinar matahari adalah dengan memperbaiki nutrisi dari dalam. Salah satu nutrisi ini adalah beta karoten yang banyak ditemukan dalam wortel. Diet kaya wortel juga akan memberi kulit pelindung dari dalam dan membalikkan efek radiasi UV. Namun, kamu tetap harus memakai sunblock atau sunscreen ya.

 

Membuat kulit bercahaya

Wortel dikenal sebagai makanan penambah kecantikan karena mengandung nutrisi penting. Mulai dari vitamin A, E, hingga antioksidan dan nutrisi penting lainnya, ditambah mineral dalam diet yang kaya akan wortel dapat membuat kulit lebih bercahaya.
(yyy)

MOST SEARCH