End Google Analytics -->
BEAUTY

3 Kesalahan Plus Cara Merawat Rambut dan Kulit Kepala dari Seorang Trichologist

Mia Vale
Kamis 26 Januari 2023 / 09:00
Jakarta: Rambut merupakan mahkota bagi kaum hawa. Dan memiliki rambut indah juga sehat menjadi impian semua orang. Namun sayangnya, ada saja masalah yang timbul di mana rambut menjadi tidak sehat. Masalah umum yang kerap terjadi adalah kerontokan rambut. Entah itu kerontokan rambut terkait covid atau kerontokan akibat stres.

Bersama dengan penata rambut dan ahli trikologi Helen Reavey, pendiri merek perawatan rambut dan kulit kepala Act+Acre, mindbodygreen menyelami kerontokan rambut, pertumbuhan kembali, dan cara merawat kulit kepala setiap hari. "Ini tentang meletakkan fondasi yang kokoh, dan kembali ke akar," ujar Reavey. 

Berikut beberapa kesalahan perawatan rambut yang sering dilakukan:
 

Perawatan yang tidak sesuai

"Prioritas saya adalah menjaga kulit kepala dalam kondisi terbaik karena pada akhirnya hal itu akan memengaruhi penampilan rambut dalam dua hingga tiga tahun," jelas Reavey. Dan langkah pertama dalam proses ini adalah mencari tahu jenis kulit kepala kita. Ya, kulit kepala memiliki tipe, sama seperti kulit wajah. 

Umumnya, untuk mengetahui jenis kulit kepala akan mengikuti jenis kulit wajah. Artinya, bila kamu memiliki kulit kering, kemungkinan besar akan memiliki kulit kepala kering. Jika kulit wajah berminyak, kulit kepala juga akan berminyak. Namun begitu, ada pula faktor eksternal yang akan memengaruhi hasil akhir, termasuk jenis air yang dimiliki (keras atau lunak) dan jenis produk yang digunakan, yaitu produk yang berat silikon atau tidak. Sebagai gambaran,  penggunaan air lunak dan silikon biasanya membuat kulit kepala terasa lebih berminyak karena membuat lebih rentan terhadap penumpukan kotoran.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

Pembersihan yang tidak benar

Banyak dari kita tidak mencuci rambut dengan benar, dan salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan mengidentifikasi area di mana akan menjadi berminyak terlebih dulu. Jika tengkuk atau ubun-ubun adalah yang pertama menunjukkan tanda-tanda minyak, itu mungkin merupakan sinyal bahwa kamu perlu mengubah cara keramas. 

"Kebanyakan orang mulai dengan sampo di bagian atas kepala mereka dan pita tengah di samping. Tapi kehilangan seluruh kulit kepala saat melakukannya. Belah rambut di tengah, dan gerakkan rambut melewati bahu di kedua sisi. Kemudian mulailah membersihkan tengkuk, naik ke ubun-ubun. Setelah membersihkannya, masuk ke bagian atas dan samping. Dan selalu bersihkan dua kali jika tidak keramas setiap hari. 

Jika menggunakan sampo bebas sulfat, sampo tidak akan mudah berbusa. Kamu perlu mengoleskannya ke telapak tangan, menambahkan sedikit air, dan mengoleskannya di tangan sebelum membawanya ke rambut dan kulit kepala.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

Tidak menjaga kelembapan kulit

Semua jenis kulit dapat memperoleh manfaat dari perawatan kulit kepala yang mengondisikan, termasuk berminyak, kering, dan sensitif. Reavey merekomendasikan meminyaki kulit kepala dan rambut. Carilah produk yang menutrisi kulit tetapi juga merangsang aliran darah ke folikel rambut. Salah satunya, dengan minyak rosemary.
(yyy)

MOST SEARCH