BEAUTY

5 Cara Mengatasi Rambut Lepek Akibat 'Weather Attack'

Yuni Yuli Yanti
Selasa 06 September 2022 / 07:00
Jakarta: Pernah enggak sih kalian mengalami 'weather attack' saat sedang beraktivitas di luar ruangan? Yups, weather attack atau serangan cuaca yaitu perubahan cuaca dengan sangat mendadak tanpa adanya tanda-tanda. 

Misalnya, saat keluar rumah tadinya cuaca panas terik tiba-tiba saja mendung bahkan hujan deras. Dan, kamu tidak membawa payung atau mantel. Alhasil, rambutmu yang baru saja di blow jadi basah dan lepek terkena air hujan. 

Namun, kamu tidak perlu khawatir, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti:
 

1. Gunakan sisir yang tepat

Rambut akan sangat lemah ketika kondisi basah. Sebaiknya, kamu menghindari penggunaan sisir dengan gigi-gigi yang rapat untuk mencegah kerusakan lebih parah. Jika memungkinkan, gunakan jari untuk mengurai rambut atau jika harus menyisir, gunakan sisir dengan gigi-gigi yang jarang pada rambut indahmu ya. 
 

2. Cuci rambut 

Sebagian besar dari kita berasumsi bahwa air hujan tidak dapat memengaruhi rambut setelah kamu kehujanan. Padahal, air hujan memiliki kandungan pH yang berbeda yang dapat menyebabkan perubahan berbahaya pada rambut. Setelah rambut terkena hujan, air yang bersifat asam tersebut dapat melemahkan rambut sehingga kamu perlu keramas untuk menghilangkannya. 


(Saat rambut basah, hindari penggunaan sisir dengan gigi-gigi yang rapat untuk mencegah kerusakan lebih parah. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

3. Gunakan kondisioner 

Beberapa bahan kimia yang ditemukan dalam air hujan dapat membuat rambut menjadi kering. Ini akan menyebabkan rambut menjadi rapuh dan ujung rambut yang bercabang. Penggunaan kondisioner dapat membantu mengatasi rambut yang kering sehingga penggunaan kondisioner sangat penting. 
 

4. Pelembap rambut

Setelah menggunakan kondisioner, tambahkan sedikit pelembap rambut. Hal ini dapat membantu meningkatkan kelembapan rambut yang akan berkurang karena efek air hujan. Gunakan krim pelembap yang tepat kemudian aplikasikan pada rambutmu.  
 

5. Batasi penggunaan produk 

Salah satu hal penting yang harus kamu perhatikan adalah dengan membatasi penggunaan produk pada rambut ketika tidak sempat keramas. Dengan menggunakan terlalu banyak produk pada rambut, dapat menyebabkan kerusakan pada rambut menjadi lebih parah.

Jika kamu tidak punya waktu untuk mencuci rambut, pilihlah kondisioner yang akan menjaga rambutmu sampai waktu keramas berikutnya. 
(yyy)

MOST SEARCH