BEAUTY

Saran Ahli dalam Memilih Produk Skincare yang Tepat untuk Kulit

Raka Lestari
Sabtu 29 Januari 2022 / 06:11
Jakarta: Seiring dengan kebutuhan masyarakat akan skincare, menjamur pula berbagai jenis dan produk skincare yang dijual di pasaran. Akan tetapi, dalam memilih skincare sebaiknya harus diperhatikan dan tidak asal dalam memilihnya. Penggunaan skincare yang tidak tepat bisa menyebabkan berbagai keluhan, salah satunya jerawat.

Dr. dr. Irma Bernadette S. Sitohang, Sp.KK(K), Dokter Spesialis Dermatologi dan Venerologi di RSUI menjelaskan, jumlah kasus acne sendiri banyak terjadi pada remaja dan umumnya pertama kali muncul akne pada usia 12 – 15 tahun.

"Apabila dilihat dari jenis kelamin sendiri jumlah kasus acne pertama muncul pada usia 14 – 17 tahun untuk perempuan dan 16-17 tahun untuk laki-laki. Puncak keparahan acne biasanya terjadi pada usia 17 – 21 tahun dan 85 persen kasus acne ini akan sembuh pada usia 25 tahun, sisanya 15 persen dapat menetap sampai dengan usia 49 tahun bahkan lebih," jelas dr. Irma.

Faktor genetik juga berperan penting, karena apabila seseorang memiliki keluarga yang memiliki riwayat acne, maka biasanya dapat diturunkan ke generasi berikutnya.

Saat ini maraknya bermunculan skincare baik yang berlisensi sampai yang 'abal-abal'. Terkait hal tersebut, dr. Irma memberikan saran bagaimana cara kita memilih atau menyikapi bermunculannya skincare tersebut.

Untuk orang yang memiliki kondisi kulit normal, kosmetik yang ada di pasaran sudah melewati penelitian dan uji tes dan pada umumnya setiap individu bisa menggunakan produk tersebut.

“Tidak ada permasalahan untuk memilih skincare untuk orang yang memiliki kondisi kulit normal, bisa dari review pemakaian keluarga, teman dekat apabila ingin mencoba produk tersebut," kata dr. Irma.

Namun hal itu tidak berlaku untuk orang yang memiliki kondisi kulit mudah berjerawat, harus lebih berhati-hati dan lebih spesifik dalam memilih produk skincare. Salah satu tips dari dokter Irma, yaitu bagi orang yang memiliki kulit berjerawat jangan menggunakan bedak compact.

"Bedak compact bisa menyebabkan kulit lebih berminyak dan merangsang pertumbuhan jerawat dan lebih baik yang menggunakan jenis bedak tabur," ujarnya.

Lebih lanjut dr. Irma juga menekankan, untuk pasien yang sedang melakukan proses terapi acne sebaiknya menggunakan produk yang sudah disarankan oleh dokter dan apabila ingin menggunakan jenis kosmetik tertentu harus dikonsultasikan ke dokter.
(FIR)

MOST SEARCH