BEAUTY

Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Teh untuk Kecantikan

Yuni Yuli Yanti
Selasa 04 Januari 2022 / 10:00
Jakarta: Selain memberikan efek nyaman dan tenang, teh juga memberikan banyak manfaat untuk kecantikan. Bahkan, untuk semua jenis teh. Mulai dari teh hijau, hitam hingga merah. 

Seperti diketahui, teh mengandung antioksidan dan bersifat anti-aging serta anti-inflamasi (peradangan). Oleh sebab itu, teh bisa digunakan dalam berbagai perawatan kecantikan, di antaranya:
 

1. Mengurangi mata bengkak dan lingkaran hitam di bawah mata

Kafein yang terkandung dalam teh dapat membantu mengecilkan pembuluh darah di bawah kulit dan menghilangkan bagian gelap area mata. 
 

2. Membuat kulit merona dan lembap

Semprotkan teh hijau dingin ke wajah atau juga bisa mengaplikasikannya dengan bola kapas dua kali sehari untuk menghilangkan kotoran, mengecilkan pori-pori besar serta mendapatkan kilau wajah yang sehat.
 

3. Mengatasi rambut kusam

Membilas rambut menggunakan teh hijau atau hitam akan meningkatkan helaian rambut yang kasar dan membuat rambutmu terlihat segar. Cukup rendam kantong teh dalam air mendidih selama 15 menit dan biarkan dingin selama beberapa jam atau semalaman. Lalu, tuangkan ke rambut yang baru dicuci dan biarkan selama sepuluh menit. Pastikan untuk keramas dan gunakan kondisioner setelahnya agar rambutmu makin berkilau.


(Teh mengandung antioksidan dan bersifat anti-aging serta anti-inflamasi atau peradangan. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

4. Memberi warna rambut

Jika kamu alternatif bebas bahan kimia untuk mewarnai rambut, coba gunakan teh. Sifat pewarnaannya menambah warna pada rambut pirang atau rambut cokelat alami. 
 

5. Meredakan nyeri akibat luka bakar

Bila kamu memiliki masalah dengan sinar matahari dan sedang tak punya krim tabir surya. Kompres dingin dengan air yang terbuat dari kantong teh dapat meredakan nyeri dan mengurangi kemerahan. 
(yyy)

MOST SEARCH