BEAUTY

Survei Jakpat Tren Make Up: Produk Lip dan Alis Menduduki Tingkat Atas

Aulia Putriningtias
Rabu 17 Januari 2024 / 15:22
Jakarta: Tren make up kian hari berkembang. Tak hanya orang-orang dewasa, tetapi anak remaja mulai mempelajari perihal make up untuk digunakan sehari-hari. Menurut survei, lip dan brow product adalah yang teratas, lho!

Jakpat melakukan survei untuk mengetahui kebiasaan orang-orang dalam pemakaian produk make up dan skincare. Mereka juga mengidentifikasi merek produk apa saja yang sering digunakan di tahun 2023. Jakpat sendiri melibatkan setidaknya 2 ribu orang untuk mengikuti surveinya.

Kegiatan sehari-hari tampaknya memengaruhi seberapa esensial penggunaan make up. Hasil survei menyatakan jika mayoritas perempuan Indonesia menganggap penggunaan make up penting, terutama bagi mereka yang bekerja.

Berdasarkan survei, sebagian besar pelajar (54 persen) dan yang bekerja (69 persen) menganggap make up penting dibandingkan dengan mereka yang tidak bekerja (47 persen). Ini menunjukkan ketertarikan dan pentingnya penggunaan make up masa kini.

Baca juga: Cerdas Memilih! 7 Kandungan Berbahaya dari Kosmetik Remaja

"Melihat dari data retail 2023, penjualan makeup dan kosmetik mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Walaupun mayoritas pembelian dilakukan secara online via e-commerce, kita tetap perlu memperhatikan pembelian offline via toko kosmetik untuk makeup," kata Head of Research Jakpat, Aska Primardi.
 

Lip dan produk alis menjuarai tren make up 2023


Sebagian besar perempuan Indonesia mengakui jika mereka memakai simple make up dalam kegiatan sehari-hari. Simple make up mengacu pada penggunaan produk riasan dalam jumlah terbatas dengan maksimal 3 produk.

Tren ini ditunjukkan semua kelompok usia, tingkat sosial ekonomi, dan pekerjaan. Namun, kecenderungan untuk menggunakan make up lengkap setiap hari ditunjukkan oleh Gen Z, segmen atas, dan mereka yang bekerja.

Adapun produk-produk yang naik daun di tahun 2023, antara lain:
 

1. Lip produk


Penggunaan lip seperti tak boleh dilewatkan oleh para pencinta make up. Variasi produk lip pun juga tersedia banyak dengan fungsinya mereka masing-masing. Ada beberapa produk yang naik di tahun 2023.

Pada penggunaan produk lip, lip balm memimpin dengan 44 persen. Lalu ada lip cream 40 persen, lipstik 38 persen, liptint 39 persen, dan lipgloss 20 persen.
 

2. Brow atau alis produk


Tak jarang wanita menganggap produk alis adalah kepentingan. Inilah sebabnya tren produk alis begitu naik di tahun 2023. Penggunaan brow product banyak yang memakai brow pencil dengan 82 persen, lalu brow gel 40 persen, dan brow pomade 7 persen.

Itulah tren produk make up di tahun 2023 versi survei dari Jakpat. Sobat Medcom, apakah kamu salah satu yang tidak boleh ketinggalan lip dan brow produk?

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

(FIR)

MOST SEARCH