BEAUTY

3 Penyebab Bibir Kering dan Pecah-pecah yang Jarang Diketahui

Yuni Yuli Yanti
Rabu 03 Agustus 2022 / 08:00
Jakarta: Bibir yang pecah-pecah memang akan sangat mengganggu. Biasanya, kondisi ini terjadi karena kelembapan bibir berkurang. Hal itu bisa terjadi karena beberapa penyebab salah satunya karena kurangnya asupan cairan.

Kulit yang mengalami dehidrasi, bisa menjadi penyebab mengapa bibir jadi kering dan pecah-pecah. Tidak hanya bibir saja, dehidrasi juga bisa menyebabkan mulut dan mata menjadi kering. Menurut Dr Debra Jaliman, MD, seorang dokter kulit yang berbasis di New York, solusi dari bibir kering adalah menjaga hidrasi tubuh.  

Aturan lama mengenai minum air putih delapan gelas per hari mungkin tidak relevan bagi semua orang. Sebagai gantinya maka usahakan minum air yang cukup setiap kamu merasa haus. Jaliman juga menyarankan untuk melawan bibir kering dengan menggunakan lip balm yang kaya akan bahan pelembap seperti minyak jojoba atau shea butter.

Selain dehidrasi, ada beberapa penyebab lain dari bibir kering dan pecah-pecah yang jarang disadari, seperti: 
 

Sinar matahari

Kita semua tahu bahwa paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan kulit mengalami sunburn (iritasi). Menurut Dr Michele Green, MD, seorang dokter kulit yang berbasis di New York, sunburn tidak hanya membuat kulit menjadi kering dan rusak tetapi juga bibir bisa mengalami hal yang sama.

"Paparan sinar matahari jangka panjang dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan kaku, mengakibatkan pecah-pecah. Tidak hanya itu, sinar UV dari matahari juga dapat menyebabkan inflamasi. Untuk itu, solusinya adalah pastikan memilih lip balm yang mengandung SPF," saran Green. 
 

Kekurangan vitamin B

Green mengatakan vitamin B sangat penting untuk menjaga tubuh agar berfungsi dengan baik. Selain, membuat tubuh berenergi, vitamin B juga membantu sistem kekebalan dalam melawan penyakit, dan berkontribusi pada kesehatan kulit. Itulah mengapa kekurangan vitamin B dapat menyebabkan masalah kulit seperti bibir kering. Untuk mencegahnya, konsumsi banyak makanan kaya vitamin B seperti telur dan daging tanpa lemak.


(Pastikan kamu memilih lip balm yang mengandung SPF untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

Obat-obatan tertentu

"Bibir kering dan pecah-pecah juga merupakan efek samping dari obat-obatan tertentu, termasuk obat tekanan darah tinggi dan antidepresan," kata Jaliman.

Obat-obatan ini dapat menurunkan jumlah air liur yang diproduksi, sehingga membuat bibir dan mulut menjadi kering. Konsultasikan dengan dokter jika menurutmu obat adalah alasan di balik bibir kering yang dialami untuk menemukan solusi yang paling sesuai agar bisa kamu gunakan.
(yyy)

MOST SEARCH