BEAUTY

Wajib Tahu, Ladies Ini Dampaknya Terlalu Banyak Makan Santan bagi Kulit

Yuni Yuli Yanti
Selasa 03 Mei 2022 / 08:00
Jakarta: Makanan bersantan merupakan hidangan Lebaran paling populer yang jadi favoritnya banyak orang. Mulai dari opor, rendang, hingga gulai memiliki rasa yang gurih dan lezat, maka tak mungkin untuk melewatkan makanan yang dijamin bikin ketagihan itu!

Melansir dari Medical News Today, santan mengandung lemak jenuh dengan jumlah yang besar, sehingga membuatnya menjadi sangat kaya akan kalori, lemak, protein, vitamin, kalsium, magnesium, karbohidrat dan kalium. 

Namun sayangnya, di balik kelezatan dan kandungannya, makanan dengan ciri khas kental dan berbumbu ini sering dianggap buruk karena dapat merugikan kesehatan.  

Selain meningkatkan kadar kolesterol, memicu penyakit jantung, menyebabkan asam lambung dan diare ternyata makan santan terlalu sering dan banyak juga bisa menimbulkan jerawat lho!

Dalam satu cangkir santan mengandung lemak sebanyak 48,21 gram, ini merupakan jumlah yang tinggi sehingga dapat meningkatkat produksi minyak di kulit. 


(Santan mengandung lemak jenuh dengan jumlah yang besar. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)


Ketika, kandungan lemak dalam tubuh tinggi, kadar sebum (minyak alami) di wajah yang terkontaminasi lemak jenuh juga ikut meningkat.

Nantinya, sebum atau minyak alami yang terkontaminasi lemak jenuh berisiko menyumbat pori-pori dan memicu jerawat muncul.

Meski demikian, memang santan bukanlah satu-satunya faktor penyebab jerawat. Ada beberapa faktor lain yang dapat memengaruhi produksi jerawat, seperti hormon, stres, obat-obatan serta pola makan yang tidak sehat.

Oleh sebab itu, demi mencegah timbulnya jerawat dan penyakit lainnya disarankan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan bersantan! 
(yyy)

MOST SEARCH