BEAUTY

Kategori Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) Lokal di Festival Belanja Kian Berjaya

Medcom
Rabu 22 November 2023 / 13:28
Jakarta: Saat tanggal sudah mendekati 4.4, 5.5, 6.6 dan seterusnya, biasanya e-commerce memanfaatkan momentum tersebut untuk memberikan diskon dan penawaran lain yang menarik. Tidak ketinggalan dengan Lazada Festival Belanja 11.11, yang berlangsung dari 11 hingga 15 November 2023 kemarin.

Lazada mencatat adanya tren positif dalam minat pembelian kategori Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) termasuk produk household, personal care, dan beauty dari brand lokal Indonesia. 

Kategori tersebut mengalami pertumbuhan yang signifikan yang mencerminkan dukungan yang kuat dari konsumen terhadap produk-produk lokal asli Indonesia.

Lia Kurtz selaku Category Director dari LazMall FMCG Lazada Indonesia mengatakan, "Lazada senantiasa memberikan dukungan penuh terhadap semua brand di Lazada dan di festival belanja 11.11 tahun ini."

"Kami melihat semakin berjayanya produk-produk lokal Indonesia. Kategori FMCG tetap menjadi kategori yang selalu dicari masyarakat secara daring dan selalu tumbuh sejak pandemi hingga saat ini,” sambung Lia.

Festival belanja kali ini kembali memperlihatkan bahwa daya tarik produk kategori FMCG lokal Indonesia semakin menguat. Kategori ini tetap menjadi salah satu yang paling diminati oleh konsumen, di mana Lazada berperan penting dalam menyediakan platform untuk menemukan serta mendukung produk-produk lokal Indonesia yang berkualitas.


(Somethinc, salah satu beauty jenama asli Indonesia tumbuh pesat saat momen festival belanja kategori FMCG di Lazada Festival Belanja 11.11. Foto: Dok. Somethinc)
 

Kategori "beauty" mengalami peningkatan signifikan


Pada hari pertama festival belanja, kategori beauty mencatat peningkatan yang luar biasa dibandingkan dengan festival sebelumnya. Produk beauty apa sajakah itu?

1. Somethinc, salah satu beauty jenama asli Indonesia tumbuh pesat di hari pertama dibandingkan dengan total penjualan lima hari pada festival belanja sebelumnya.

2. Azarine, Facetology, dan Emina. Konsumen juga menunjukkan minat yang tinggi pada sunscreen dari beauty brand lokal seperti Azarine, Facetology, dan Emina.

Khususnya, brand Facetology sukses dengan penjualan sunscreen di hari pertama ini meningkat sebanyak dua kali lipat ketimbang penjualan selama periode festival belanja sebelumnya.

3. Produk skin care pria. Produk ini juga mencuri perhatian konsumen di kanal LazBeauty, terutama dari brand Kahf, yang menjadi salah satu yang paling diminati. Tiga produk utama yang paling dicari antara lain adalah face wash & scrub, sunscreen, dan fragrance.
 

Kategori household


Kategori FMCG, pertumbuhan positif di kategori Household mencatat pencapaian yang mengesankan. Penjualan WINGS Group untuk kategori produk household meningkat 30 persen, detergen DAIA mencatat pertumbuhan hampir 100 persen. 

Top 10 item household dari WINGS Group tumbuh 20 persen, sementara permintaan untuk produk lokal household meningkat pesat dengan Mama Lemon, Rapika, Sosoft, dan Supersol yang mengalami pertumbuhan tiga digit.

Hal tersebut juga terlihat pada peningkatan traffic kunjungan yang signifikan, memberikan dukungan tambahan bagi produk-produk lokal seperti pada produk Laundry Supplies yang turut meningkat dengan DAIA dan Soklin yang memimpin kategori tersebut.

Lia menambahkan, “Kesuksesan peningkatan hasil penjualan dari rangkaian brand di Lazada juga tidak luput dari sistem mekanisme gratis ongkir di Lazada. Tanpa perlu mengumpulkan voucher, pengguna secara otomatis dapat menikmati layanan free shipping tanpa batasan pembelian minimum, dengan kuota yang tersedia hingga 11 kali dalam seminggu."

"Promosi yang bombastis lainnya seperti buy 1 get 1 juga memberikan dampak positif yang signifikan dalam
memastikan pengalaman yang 100% Hepi bagi konsumen,” tambah Lia.

Sebagai mitra ecommerce resmi Harbolnas 2023 dan dengan kesuksesan kali ini Lazada Indonesia kembali menegaskan komitmennya untuk terus mendukung produk-produk lokal, membangun ekosistem bisnis yang kuat, dan memberikan pengalaman belanja online yang menyenangkan dan bermakna bagi konsumen di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

(TIN)

MOST SEARCH