BEAUTY

5 Bahan Alami untuk Mencegah Kerontokan Rambut Alis

Yuni Yuli Yanti
Jumat 23 September 2022 / 08:00
Jakarta: Ladies, tahukah kamu bukan cuma rambut di kepala, ternyata rambut alis juga bisa mengalami kerontokan lho! Dr Swapna Athawale Consultant – Aesthetic and Plastic Surgeon Jupiter Hospital, Pune, India, kerontokan rambut alis secara medis dikenal sebagai hipotrikosis alis atau madarosis alis yang dapat dialami oleh wanita maupun pria. 

"Alis yang rontok mungkin terlihat di satu atau kedua sisi. Gejalanya adalah adalah kulit kering, gatal, rambut rontok atau rambut menipis di bagian lain dari tubuh," tutur dr. Athwale kepada Health Shots. 

Untuk mencegah sekaligus mengatasi rambut alis yang terlanjur rontok, dr. Athawale menyebutkan lima bahan alami yang bisa digunakan, seperti:   
 

1. Lidah buaya

Salah satu perawatan terbaik untuk mengatasi penipisan rambut alis adalah lidah buaya. Cukup hancurkan beberapa lembar daun lidah buaya, lalu oleskan di atas alis sambil dipijat dengan lembut, dan biarkan meresap. Ini membantu dalam penyembuhan kulit dan meningkatkan pertumbuhan rambut.
 

2. Minyak jarak

Minyak jarak memiliki komposisi kimia unik yang dapat membantu pertumbuhan bulu alis. Oleskan beberapa tetes minyak jarak secukupnya sambil dipijat selama beberapa menit. Setelah itu, dibilas dan ulangi prosesnya sekali lagi. Jika kamu merasakan gatal atau iritasi, segera hentikan ya!


(Lidah buaya merupakan bahan paling efektif untuk mengatasi masalah kerontokan rambut. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

3. Kelapa dan lemon

Dr Athawale mengatakan campuran minyak kelapa dan kulit lemon bekerja sangat baik untuk membantu menumbuhkan kembali rambut alis. Oleskan campuran tersebut menggunakan bola kapas di atas alis  tepat sebelum tidur untuk hasil terbaik.
 

4. Bawang

Bawang membantu dalam pertumbuhan kembali rambut alis yang lebih cepat dan lebih padat. Cukup giling bawang merah lalu oleskan dengan bantuan bola kapas sambil digosok perlahan. Ingat, jangan dibilas untuk mendapatkan manfaat maksimalnya.
 

5. Susu

Susu kaya akan protein dan vitamin yang dapat memberikan nutrisi serta memungkinkan pertumbuhan kembali akar rambut lebih cepat. Kamu hanya perlu mencelupkan bola kapas ke dalam susu dan mengoleskannya ke alis di malam hari untuk melihat manfaatnya.

(yyy)

MOST SEARCH