BEAUTY

Catat! 5 Penyebab Serius Kerontokan Rambut Alis

Yuni Yuli Yanti
Jumat 23 September 2022 / 10:38
Jakarta: Dalam istilah medis, kerontokan rambut alis dikenal sebagai hipotrikosis alis atau madarosis alis. Kondisi ini dapat terjadi pada wanita maupun pria. Gejalanya bisa ditandai dengan kerontokan di satu atau kedua sisi alis, atau kulit di sekitar alis yang terasa kering dan gatal.

Melansir dari Health Shots, Dr Swapna Athawale Consultant – Aesthetic and Plastic Surgeon Jupiter Hospital, Pune, India mengatakan biasanya kerontokan rambut alis disebabkan karena proses pencabutan yang terlalu keras, atau penggunaan produk riasan alis yang berlebihan. 

Namun, jika bukan karena kedua hal itu ada beberapa penyebab lain yang dianggap lebih serius, diantaranya:
 

1. Penuaan

Pada usia 40-an, baik pria maupun wanita akan mengalami penipisan rambut ketika hormon testosteron pada pria dan estrogen pada wanita tumbuh di luar kendali atau tidak seimbang.
 

2. Alopecia

Kondisi autoimun yang disebut alopecia areata menyebabkan tempat tumbuhnya folikel rambut jadi tertunda atau menghentikan pertumbuhan rambut.
 

3. Kekurangan nutrisi

Kekurangan nutrisi yang secara khusus memengaruhi kerontokan rambut adalah biotin (vitamin B-7), vitamin C (perkembangan kolagen), zat besi, vitamin E, B-12, dan D, sistein, dan asam lemak omega-3.


(Pemakaian produk make up yang berlebihan juga bisa menyebabkan kerontokan pada alis. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

4. Stres

Stres dan kecemasan dapat mengubah keadaan fisiologis seseorang, mengakibatkan perubahan kadar hormon dan jumlah oksigen yang diterima folikel rambut yang berkontribusi pada penipisan alis.
 

5. Kehamilan dan persalinan

Hormon dan komponen lain dari biokimia tubuh yang dipengaruhi oleh kehamilan dan persalinan, dapat mengganggu siklus rambut sehingga mengakibatkan kerontokan.
(yyy)

MOST SEARCH