BEAUTY

7 Cara Mengobati Kaki yang Lecet karena Sepatu

Yuni Yuli Yanti
Senin 31 Oktober 2022 / 08:37
Jakarta: Kebanyakan wanita cenderung memilih gaya daripada kenyamanan, termasuk saat membeli sepatu. Melihat tampilan sepatu yang cantik, sering kali membuat tak sedikit wanita mengabaikan kenyamanannya. Padahal, sepatu yang nyaman dapat membuatmu lebih leluasa saat bergerak dan memudahkanmu dalam melakukan berbagai aktivitas ya kan!

Kaki lecet, luka hingga berdarah merupakan beberapa akibat dari pemakaian sepatu yang tidak nyaman. Kalau sudah begini, biasanya muncul rasa perih sehingga kamu lebih memilih pakai sandal atau bahkan bertelanjang kaki. 

Sekarang kamu enggak perlu seperti itu, melansir dari Health Shots, dokter spesialis kulit dan kesehatan, Dr Kiran Sethi menyebutkan tujuh cara mengobati kaki yang lecet karena sepatu, di antaranya:
 

1. Oleskan salep antibiotik

Menjaga area yang terinfeksi tetap terbuka hanya akan menjadi tempat berkembang biaknya lebih banyak kuman dan bakteri. Dr Sethi merekomendasikan untuk mengoleskan salep antibiotik dua kali sehari pada luka untuk mengobati dan menghindari infeksi.
 

2. Jangan disentuh!

Beberapa orang memiliki kebiasaan ngeri untuk menusuk lepuh berulang kali. Dr Sethi mengatakan hal itu dapat memperburuk infeksi. "Anda harus membiarkan lepuh pecah dengan sendirinya," katanya. 
 

3. Es batu 

Kamu dapat membungkus beberapa es batu dengan kain bersih dan membiarkannya menempel di bekas lecet untuk meredakannya secara instan. Obat ini juga bagus untuk meredakan pembengkakan.
 

4. Pasta gigi

Pasta gigi yang sama dengan yang kamu gunakan untuk menyikat gigi setiap hari dapat melakukan keajaiban untuk lecet akibat sepatu. Ambil sedikit pasta dan oleskan ke area yang terinfeksi. Diamkan beberapa saat, lalu bersihkan dengan kain lembap. Kemudian, kamu dapat mengoleskan jeli vaselin untuk melindungi area tersebut. Ini adalah salah satu cara mengobati lecet sepatu yang paling sering digunakan.


(Jika sepatumu menyebabkan lecet, segera berhenti memakainya. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

5. Beri bantalan

Dr Sethi menyarankan agar beri bantalan pada bagian belakang sepatumu yang empuk untuk kemudahan dan kenyamanan ekstra dan menghindari lecet di kemudian hari. 
 

6. Pakai sandal 

Saat kakimu sudah terlanjur lecet, biarkan area tersebut terbuka dan pilihlah untuk memakai sepasang sandal nyaman yang memberikan ruang yang cukup bagi kakimu untuk bernapas. Gunakan sepasang sandal yang longgar agar tidak terjadi iritasi lebih lanjut di area tersebut.
 

7. Ganti sepatumu

Tidak perlu dipikirkan lagi, ketika kaki sudah lecet akibat sepatu artinya kamu perlu mengganti sepatu itu dengan yang lebih nyaman. Ingat, sepatu yang pas dan nyaman itu sangat penting!

"Jika sepatu Anda menyebabkan lecet, Anda harus berhenti memakainya. Dapatkan sepatu yang pas dan nyaman," anjur Dr Sethi.
(yyy)

MOST SEARCH