BEAUTY

Cuaca Panas Bikin Rambut Kering? Ini 5 Tips untuk Mengatasinya

Yuni Yuli Yanti
Jumat 12 Agustus 2022 / 10:00
Jakarta: Tinggal di negara tropis menjadikan kita terbiasa dengan sengatan sinar matahari. Hal itu juga yang membuat kita berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah masalah rambut kering. 

Ditambah, dampak dari perubahan iklim yang membuat cuaca semakin panas dan polusi udara yang meningkat, sehingga membuat kondisi rambut semakin kering. Bahkan, teriknya matahari juga bisa membuat rambut menjadi lepek dan kusam. 

Nah, agar rambutmu tetap sehat, indah, dan berkilau di saat cuaca semakin panas, ikuti lima tips merawat rambut yang dikutip dari L'oreal Paris berikut ini:
 

1. Kurangi pengunaan alat heat hairstyling

Saat cuaca yang panas, rambutmu sudah cukup menderita akibat paparan sinar matahari dan kelembapan udara. Jadi salah satu tips merawat rambut yang harus diikuti adalah dengan mengurangi penggunaan peralatan heat hair styling seperti hair dryer, catokan, dan curling iron saat suhu sedang panas-panasnya. Sebaliknya, pilihlah gaya rambut yang alami yang tidak menggunakan peralatan hair styling di saat musim panas. 
 

2. Pilih sampo dan kondisioner yang melembapkan

Cuaca yang panas membuatmu jadi lebih sering keramas karena rambut dan kulit kepala terasa lengket akibat keringat. Namun, terlalu sering mencuci rambut juga berisiko menjadikan rambut semakin kering. Sebagai solusinya, kamu bisa beralih ke produk sampo dan kondisioner yang ringan untuk sehari-hari namun melembapkan. Dengan begini, rambut akan mendapat nutrisi tambahan untuk menjaganya agar tidak kering.
 

3. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Cuaca panas membuatmu sering berkeringat yang berpotensi memicu sel-sel rambut kekurangan cairan sehingga rambut jadi kering. Tips merawat rambut untuk mengakalinya adalah dengan memastikan selalu cukup minum air putih. Selain itu, masukkan juga buah dan sayuran ke menu konsumsi harian, karena bisa memberikan cairan tambahan sekaligus menjaga agar rambut tetap sehat dan lembap dengan nutrisi yang terkandung di dalamnya.


(Pilihlah sampo dan kondisioner yang dapat melembapkan rambut di saat cuaca sangat terik. Foto: Ilustrasi. Dok. Unsplash.com?)
 

4. Basahi rambut sebelum berenang

Berenang terasa menyenangkan untuk menghabiskan waktu ketika cuaca sedang panas-panasnya. Namun, kamu harus ikuti tips perawatan rambut saat cuaca panas. Sebelum terjun ke kolam renang, basahi rambut terlebih dahulu dengan air bersih. Tujuannya agar rambut tidak menyerap terlalu banyak air kolam yang mengandung klorin, yang bisa menyebabkan rambut kering. Hal yang sama berlaku juga saat kamu berenang di pantai. Setelah berenang, segera bilas dan cuci rambut.
 

5. Lindungi rambut dengan minyak rambut 

Tips perawatan rambut yang terakhir adalah menggunakan hair oil untuk merawat kelembapan rambut saat cuaca panas, seperti L'Oréal Paris Extraordinary Oil Floral. Hair oil ini akan membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat paparan sinar matahari serta alat-alat hair styling yang panas, dan pada saat yang sama menutrisinya sehingga rambut tampak lembut dan berkilau. 

Oleskan 3-4 tetes L'Oréal Paris Extraordinary Oil Floral dari pangkal hingga ujung rambut sebelum keramas, sebelum menata rambut menggunakan peralatan hair styling yang panas, dan sebagai sentuhan terakhir penataan rambut.
(yyy)

MOST SEARCH