BEAUTY

Tips Memilih Lipstik Sesuai dengan Warna Kulit

Yuni Yuli Yanti
Kamis 12 Mei 2022 / 14:00
Jakarta: Menggunakan lipstik yang sesuai dengan warna kulit, tentu dapat menunjang penampilan. Bahkan, banyak dari perempuan yang merasa jadi makin percaya diri setelah memakai lipstik favoritnya. 

Sayangnya, ada beberapa Teman Gaya yang masih bingung dalam memilih warna lipstik. Ada yang terlihat pucat atau justru malah 'menor' banget. 

Nah, enggak mau kejadian seperti itu kan! Kalau begitu kamu bisa ikut caranya seperti di bawah ini:

 

1. Menemukan warnamu

Kamu bisa mulai bandingkan warna liptsik yang kamu beli dengan warna kulitmu. “Mulailah dengan mencari warna yang sedikit lebih dalam dari warna bibir Anda sendiri,” kata Michelle Spieler, penata rias Hollywood.

Untuk mengujinya, Spieler menyarankan agar gesek sekali lipstik di jari kamu dan tunggu untuk melihat warna apa yang berubah. Jika berubah menjadi oranye atau lebih hangat, itu bukan warna kamu. Jika berubah menjadi terlalu ungu, kebiruan, atau lembek, itu juga bukan warnamu. Tapi, jika warna di jari kamu cocok dengan warna di lipstik tersebut dan kamu menyukainya, ada baiknya untuk dicoba. 

 

2. Menemukan rona kulit

Nuansa kulit biasanya dipecah berdasarkan warna cerah, sedang, zaitun, dan dalam. Selain itu, ada juga rona kulit hangat, dingin atau netral. Menemukan rona kulit caranya cukup mudah kok. Kebanyakan orang hanya menggunakan trik vena.

“Lihat bagian bawah pergelangan tangan Anda di siang hari atau cahaya terang,” saran Alex LaMarsh, penata rias selebriti Kim Kardashian.

"Jika pembuluh darah kamu tampak biru atau ungu, kamu memiliki rona kulit dingin, dan jika tampak hijau, rona kulit hangat. Jika warna pembuluh darah kamu adalah campuran keduanya, berarti rona kulitmu netral," tambahnya. 


(Warna kulit netral cocok mengenakan warna lipstik apa pun, termasuk warna nude atau peach. Foto: Ilustrasi. Dok. Unsplash.com)

 

3. Lipstik terbaik untuk kulit sedang dengan rona kulit netral

Vanessa Hudgens, Kim Kardashian, dan Mila Kunis adalah contoh selebriti dengan kulit sedang dan rona kulit netral. Untuk warna kulit ini, warna merah muda kecoklatan dan warna peach cocok untuk digunakan. 

Menurut seorang beauty expert Lauren Paglionico, Pemilik LRN Beauty, keduanya memberikan kilau yang indah pada warna kulit ini.


(Perempuan dengan warna kulit dingin terlihat memukau saat memakai lipstik wara merah terang. Foto: Ilustrasi. Dok. Unsplash.com)

 

4. Lipstik terbaik untuk rona kulit dingin

"Salah satu hal yang saya sukai dari perempuan dengan kulit zaitun atau rona dingin (seperti Bella Hadid dan Alexa Chung) adalah kemampuan mereka untuk mengguncang lipstik warna merah mawar,” kata LaMarsh. 

Nuansa ini menghadirkan kehangatan dan kemerahan pada kulit sekaligus membuat warna mata lebih cerah.

 

5. Lipstik terbaik untuk kulit dalam dengan rona kulit hangat

Perempuan dengan kulit dalam dan warna hangat, seperti Gabrielle Union, Ciara, dan Halle Berry terlihat sangat memukau memakai warna merah maroon atau ungu anggur sekali pun. Warnanya menonjolkan efek keemasan di kulit sekaligus memberi pipi rona merah yang sehat.

“Saya senang melihat warna-warna indah ini muncul di kulit yang lebih gelap,” pungkas LaMarsh.
(yyy)

MOST SEARCH