Wali Kota Gibran Rakabuming Raka berbincang dengan pedagang saat melakukan pengecekan harga kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri di Pasar Nusukan, Surakarta, Jawa Tengah, Kamis, 6 Mei 2021.
Wali Kota Gibran Rakabuming Raka berbincang dengan pedagang saat melakukan pengecekan harga kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri di Pasar Nusukan, Surakarta, Jawa Tengah, Kamis, 6 Mei 2021.
Gibran menyatakan bahwa warga tidak perlu panik karena harga kebutuhan pokok di pasar utama Kota solo tidak ada kenaikan berarti dan stok mencukupi.
Gibran menyatakan bahwa warga tidak perlu panik karena harga kebutuhan pokok di pasar utama Kota solo tidak ada kenaikan berarti dan stok mencukupi. "Dari hasil pengecekan harga, saya lihat tadi cukup stabil. Jadi masyarakat tenang saja. Ada sejumlah kenaikan, khususnya daging ayam yang menjelang lebaran ini dijual dengan harga Rp 38 ribu, dan ini masih wajar," katanya.

Gibran: Harga Kebutuhan Pokok Stabil dan Stok Cukup

News Harga Sembako kebutuhan pokok hari raya idul fitri
06 Mei 2021 11:48
Surakarta: Sepekan menjelang Lebaran, harga harga kebutuhan pokok di pasar utama Kota Solo tidak ada kenaikan berarti, kecuali daging ayam yang dipatok Rp 38 ribu. Karena itu diharapkan masyarakat tenang, sebab selain harga stabil, dari sisi ketersediaan komoditas sangat cukup hingga pasca lebaran.

"Dari hasil pengecekan harga, saya lihat tadi cukup stabil. Jadi masyarakat tenang saja. Ada sejumlah kenaikan, khususnya daging ayam yang menjelang lebaran ini dijual dengan harga Rp 38 ribu, dan ini masih wajar," kata Wali Kota Gibran Rakabuming Raka usai bersama TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) melakukan pengecekan harga di Pasar Nusukan, Kamis, 6 Mei 2021.

"Dia paparkan, dengan tidak adanya gejolak harga pada sepekan menjelang Lebaran dan cukupnya ketersediaan komoditas di pasar, masyarakat tidak perlu panik. "Tenang saja," ujarnya.

Dari pergerakan harga yang cukup stabil itu, TPID Kota menganggap tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Angka inflasi di Kota Solo selama seminggu terakhir, cukup melegakan, yakni sebesar 0,022 persen. Jauh dari inflasi Maret yang mencapai 0,16 persen.

"Inflasi di Kota Solo menjelang lebaran ini cukup bagus, yakni sebesar 0,022 persen. Ini menunjukkan sisi kestabilan harga harga kebutuhan pokok tidak merisaukan," timpal Kepala BI Solo, Nugroho Joko Prastowo, salah satu unsur pimpinan TPID saat mendampingi Gibran meninjau Pasar Nusukan.

Suasana Pasar Nusukan saat peninjauan wali kota dan TPID cukup ramai, meski tidak menimbulkan desak desakan. Transaksi sejumlah bahan pokok seperti cabai, bawang, sayur, dan juga daging, tidak membuat pembeli mengernyitkan dahi.

"Ya semua terjangkau. Tadi beli daging ayam tidak sampai Rp 40 ribu. Harga Rp38 ribu dan hanya naik Rp 2000 dari beberapa hari sebelumnya, tapi masih jauh dari awal Ramadan yang sempat di atas Rp 42 ribu. Mudah mudahan semakin mendekati lebaran tidak ada kenaikan. Terutama cabai dan bawang yang selalu harus ada saat masak," tutur Widowati, warga Mojosongo,usai belanja.

Dari pantauan harga, beras masih stabil, yakni medium diangka Rp10 ribu dan beras super Rp14 ribu. Lalu bawang merah Rp26 ribu/kg dan bawang putih Rp25 ribu. Sedang cabai rawit Rp50 ribu, cabe merah keriting Rp28 ribu, cabai merah besar Rp40 ribu. 

"Ya tergantung dari pasokan siapa mas. Tapi kisaran perbedaan paling Rp 500. Bawang merah ada yang menjual Rp26.500, tapi di tempat saya hanya Rp26 ribu," tukas Narti, pedagang yang luput dari pantauan Gibran bersama TPID Kota. MI/Widjajadi

(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif