"Bahwa kedatangan Amnesti Internasional dari Amerika Serikat di sini adalah untuk membantu proses upaya penyelidikan independen kasus yang terjadi dan dialami oleh penyidik senior Novel Baswedan," kata Manajer Tim Advokasi Amnesti Internasional untuk wilayah Asia Pasifik Francisco Bencosme didampingi penyidik senior KPK Novel Baswedan di gedung KPK, Jakarta, Jumat, 26 April 2019.
Ia juga mempertanyakan soal komitmen pemerintah Indonesia yang tidak berhasil melakukan pengawasan pada sektor antikorupsi. Amnesti Internasional, kata dia, sebagai organisasi Hak Asasi Manusia (HAM) internasional berkomitmen untuk mendorong upaya penegakan HAM terutama sektor antikorupsi.
Ia juga mempertanyakan soal komitmen pemerintah Indonesia yang tidak berhasil melakukan pengawasan pada sektor antikorupsi. Amnesti Internasional, kata dia, sebagai organisasi Hak Asasi Manusia (HAM) internasional berkomitmen untuk mendorong upaya penegakan HAM terutama sektor antikorupsi. "Dalam hal ini, kami punya akses terhadap para pengambil kebijakan di AS melalui jalur kongres, jalur parlemen untuk mengarustamakan apa yang terjadi dalam situasi yang dihadapi oleh KPK dan Novel Baswedan di Indonesia," kata Francisco.
Sementara itu Novel Baswedan mengharapkan nantinya parlemen di AS dan negara-negara lainnya bisa membantu mendesak pemerintah Indonesia agar menjadikan prioritas soal pengungkapan serangan kepada pegawai KPK yang selama ini diabaikan.
Sementara itu Novel Baswedan mengharapkan nantinya parlemen di AS dan negara-negara lainnya bisa membantu mendesak pemerintah Indonesia agar menjadikan prioritas soal pengungkapan serangan kepada pegawai KPK yang selama ini diabaikan. "Karena membiarkan teror-teror yang terjadi itu sama saja kita setujui ke depan masih akan ada teror lagi yang akan dilakukan dan tentu ini suatu hal yang buruk dan satu hal yang berbahaya. Kami ingin pemberantasan korupsi menjadi isu strategis dan terus dilakukan," ucap Novel.

Amnesti Internasional Bantu Ungkap Kasus Novel Baswedan

News novel baswedan
26 April 2019 17:12
Jakarta: Manajer Tim Advokasi Amnesti Internasional untuk wilayah Asia Pasifik Francisco Bencosme mendatangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jakarta, Jumat, 26 April 2019, untuk membantu proses penyelidikan independen pengungkapan kasus Novel Baswedan. Antara Foto/Yulius Satria Wijaya
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif