Ini Cara Cegah Kantuk Saat Berkendara

Ini Cara Cegah Kantuk Saat Berkendara

Grafis kecelakaan lalu lintas
17 Mei 2022 17:13
Berkendara dalam perjalanan jauh merupakan kegiatan yang menuntut konsentrasi dan kesiapan fisik serta mental tinggi. Pengendara tentunya harus dalam kondisi prima saat memulai perjalanan.

Namun, tak jarang pengendara merasa mengantuk saat mengemudi. Hal ini tentu dapat membahayakan. Berikut beberapa tips mencegah dan mengobati rasa kantuk yang berlebihan pada saat berkendara:

1. Minum minuman berkafein
Sudah bukan kabar baru lagi jika minuman berkafein dapat mencegah rasa kantuk. Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya anda mengisi perut dengan makanan bergizi dan juga minuman berkafein.

2. Menghibur diri sendiri
Salah satu cara menyenangkan untuk berkendara adalah dengan menghibur diri sendiri. Banyak cara yang bisa anda lakukan seperti menyanyi, atau membicarakan apa saja yang dilihatnya. Kegiatan yang nampaknya nyeleneh ini justru sangat berguna untuk mengusir rasa kantuk.

3. Mengobrol dengan penumpang
Menikmati perjalanan sambil bercerita dan tertawa bersama orang lain akan meningkatkan mood berkendara, sehingga rasa letih dan kantuk pun tidak terasa. Namun perlu diingat bahwa Anda juga harus tetap fokus ke jalan.

4. Menepikan kendaraan untuk beristirahat
Apabila memang rasa kantuk sudah amat tidak tertahankan, coba carilah rest area secepat mungkin apabila memungkinkan. Apabila tidak, Anda bisa menepikan kendaraan untuk beristirahat.  

Baca selengkapnya di sini

Dok: Medcom.id
(KHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif