FITNESS & HEALTH

Jangan Biarkan Kecelakaan di Tol Surabaya-Mojokerto Terulang, Ini Cara Cegah Kantuk Saat Berkendara

Sri Yanti Nainggolan
Senin 16 Mei 2022 / 16:55
Jakarta: Sopir bus PO Ardiansyah yang mengalami kecelakaan di Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) berpotensi jadi tersangka. Kapolda Jatim, Irjen Nico Afinta, menyebut sopir telah menyebabkan kecelakaan karena lalai saat berkendara

Sopir, Ade Firmansyah, 29, merupakan sopir cadangan. Berdasarkan informasi sementara, sopir bus tersebut diduga mengantuk dan menabrak tiang reklame, hingga menyebabkan banyak korban luka dan meninggal.

"Kami pastikan, yang bersangkutan (sopir) mengakui sementara mengantuk, tapi kami masih akan mendalami kecelakaan tersebut," ujar Nico di Surabaya, Senin, 16 Mei 2022.

Baca: Cara Klaim Santunan Jasa Raharja Bagi Korban Kecelakaan
 

Tips agar tak mengantuk saat berkendara

Berkendara dalam perjalanan jauh merupakan kegiatan yang menuntut konsentrasi dan kesiapan fisik serta mental tinggi. Pengendara tentunya harus dalam kondisi prima saat memulai perjalanan.

Namun, tak jarang pengendara merasa mengantuk saat mengemudi. Hal ini tentu dapat membahayakan. Berikut beberapa tips mencegah dan mengobati rasa kantuk yang berlebihan pada saat berkendara: 

1. Minum minuman berkafein

Sudah bukan kabar baru lagi jika minuman berkafein dapat mencegah rasa kantuk. Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya anda mengisi perut dengan makanan bergizi dan juga minuman berkafein. 

Anda bisa minum kopi, teh, atau minuman lain. Coba tambahkan rasa pedas jahe kedalam minuman Anda untuk efek tambahan yang membuat badan menjadi lebih segar.
 

2. Menghibur diri sendiri

Salah satu cara menyenangkan untuk berkendara adalah dengan menghibur diri sendiri. Banyak cara yang bisa anda lakukan seperti menyanyi, atau membicarakan apa saja yang dilihatnya. Kegiatan yang nampaknya nyeleneh ini justru sangat berguna untuk mengusir rasa kantuk.

Selain menjaga badan tetap fokus, Anda juga dapat menikmati perjalanan dengan lebih santai dan bahagia. 

Baca: Kapolda Jatim Sebut Sopir Bus Maut Tol Sumo Lalai
 

3. Mengobrol dengan penumpang

Menikmati perjalanan sambil bercerita dan tertawa bersama orang lain akan meningkatkan mood berkendara, sehingga rasa letih dan kantuk pun tidak terasa. Namun perlu diingat bahwa Anda juga harus tetap fokus ke jalan. 
 

4. Menepikan kendaraan untuk beristirahat

Apabila memang rasa kantuk sudah amat tidak tertahankan, coba carilah rest area secepat mungkin apabila memungkinkan. Apabila tidak, Anda bisa menepikan kendaraan untuk beristirahat. 
(SYN)

MOST SEARCH