Berita Baik: Menkes dan Anies Bersepakat PSBB hingga Facebook Membocorkan Data
Berita Baik: Menkes dan Anies Bersepakat PSBB hingga Facebook Membocorkan Data
Berita Baik: Menkes dan Anies Bersepakat PSBB hingga Facebook Membocorkan Data
Berita Baik: Menkes dan Anies Bersepakat PSBB hingga Facebook Membocorkan Data
Berita Baik: Menkes dan Anies Bersepakat PSBB hingga Facebook Membocorkan Data
Berita Baik: Menkes dan Anies Bersepakat PSBB hingga Facebook Membocorkan Data

Berita Baik: Menkes dan Anies Bersepakat PSBB hingga Facebook Membocorkan Data

Grafis Virus Korona
07 April 2020 17:15
Jakarta: Di tengah wabah korona, asupan berita buruk tak terbendung banyaknya. Meski begitu, selalu ada secercah harapan. Manusia selalu menemukan jalan keluar. 

Dari optimisme ini, maka Medcom.id selalu menghadirkan berita-berita baik. Berita-berita yang membawa optimisme. Karena kami yakin, berita baik adalah energi positif untuk selalu ditebarkan ke sebanyak mungkin orang.

Berita baik kali, Selasa, 7 April 2020, Medcom.id mengangkat lima hal yang sebagian besar tertuju bagi para pekerja. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan sejumlah kebijakan untuk memberikan harapan bagi para pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). 

Ada juga kabar bahwa Menteri Kesehatan memberikan lampu hijau untuk Jakarta memberlakukan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Tak hanya itu, Bank Rakyat Indonesia (BRI) juga menyiapkan 'hadiah' bagi para pelaku usaha menengah, kecil, dan mikro (UMKM).

Jauh di Negeri Paman Sam, Amerika Serikat, Facebook secara sadar membocorkan data. Sekonyong-konyong, di bilangan Banten pun, sejumlah orang sudah mulai bersatu melawan covid-19. Simak lebih lengkapnya;

1. Pekerja yang di-PHK dapat bantuan 4 bulan gaji

Kartu Prakerja bakal didistribusikan mulai Kamis, 9 April 2020. Anggaran yang dialokasikan meningkat dari Rp10 triliun menjadi Rp20 triliun.
 
"Penerima manfaatnya menjadi 5,6 juta orang," kata Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas terkait efektivitas penyaluran jaring pengaman sosial di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa, 7 April 2020.
 
Nilai manfaat yang akan diterima mulai Rp650 ribu-Rp1 juta per bulan. Kartu Prakerja diberikan selama empat bulan ke depan.


2. Jakarta bersiap dengan kebijakan PSBB

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto sudah meneken persetujuan status pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk wilayah DKI Jakarta akibat wabah virus korona (covid-19). Persetujuan semata untuk menyelamatkan manusia dari covid-19.
 
"Suratnya hari ini diserahkan kepada Bapak Gubernur (Anies Baswedan), nanti pelaksanaannya terserah Gubernur kapan mau mulainya," ujar Kepala Bidang Media dan Opini Publik Kementerian Kesehatan Busroni kepada Medcom.id, Selasa, 7 April 2020.

3. Ratusan UMKM dapat keringanan kredit dari BRI

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memberikan relaksasi kredit kepada 134 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah pandemi virus korona (covid-19) yang belum mereda.
 
Corporate Secretary BRI Amam Sukriyanto mengatakan relaksasi ini berlaku sejak 16 hingga 31 Maret 2020 dengan nilai plafond pinjaman yang direstrukturisasi mencapai Rp14,9 triliun.
 
"Skema restrukturisasi yang diberikan BRI untuk masing masing debitur berbeda disesuaikan dengan kondisi yang dihadapi, dengan catatan usahanya masih memiliki prospek yang baik dan secara personal debitur memiliki itikad baik atau kooperatif," ujar Amam dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 7 April 2020.

4. Facebook membocorkan data untuk tujuan baik

Di Amerika Serikat, Facebook mulai membagikan lokasi penggunanya. Tenang, ini bukan karena kebocoran data, melainkan didasari atas tujuan mulia. Media sosial milik Mark Zuckerberg ingin membantu peneliti COVID-19 atau virus Korona untuk menemukan pola penularan virus tersebut.
 
Cara ini dilakukan sebagai bagian program terbaru Facebook bernama Data for Good. Jadi Facebook akan mengumpulkan data penggunanya, tanpa melanggar privasi, dan akan menyediakan data yang dibutuhkan kepada peneliti medis.

5. Pecinta mobil di Banten galang solidaritas

Penyebaran virus korona (Covid-19) ini menggugah banyak pihak dan kemudian bersatu untuk bersama-sama menanggulanginya. Mulai dari perusahaan besar hingga perorangan turut membantu sebisa mungkin untuk membantu berbagai pihak, mulai dari pasien, tenaga medis, hingga pihak-pihak yang terdampak akan penyakit ini.
 
Auto Club Banten (ACB) tidak ketinggalan mengulurkan tangannya dalam upaya mengurangi penyebaran virus corona di Provinsi Banten. Paguyuban klub mobil di Banten ini membagikan bantuan berupa perlengkapan kesehatan untuk membantu tenaga medis dalam menangani wabah virus korona di 11 titik, diantaranya dua rumah sakit rujukan pasien korona di Banten, pada Sabtu, 4 April 2020.
(AEQ)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif