Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang diberi nama Whoosh baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin, 2 Oktober 2023. Jokowi mengatakan Whoosh adalah singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat.
Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang diberi nama Whoosh baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin, 2 Oktober 2023. Jokowi mengatakan Whoosh adalah singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat.
Whoosh memiliki kecepatan operasional hingga 350 km/h yang menghubungkan Tegalluar di Bandung, Jawa Barat dengan Halim di Jakarta Timur. Dengan headway 20--30 menit, KCJB menyediakan banyak pilihan waktu perjalanan sehingga jarak Jakarta-Bandung akan ditempuh dalam waktu 36 hingga 44 menit.
Whoosh memiliki kecepatan operasional hingga 350 km/h yang menghubungkan Tegalluar di Bandung, Jawa Barat dengan Halim di Jakarta Timur. Dengan headway 20--30 menit, KCJB menyediakan banyak pilihan waktu perjalanan sehingga jarak Jakarta-Bandung akan ditempuh dalam waktu 36 hingga 44 menit.
Kereta cepat Jakarta-Bandung memiliki 8 gerbong yang terdiri dari tiga kelas yaitu first class di gerbong 1 dan 8, bisnis di gerbong 7, dan sisanya adalah kelas ekonomi premium.
Kereta cepat Jakarta-Bandung memiliki 8 gerbong yang terdiri dari tiga kelas yaitu first class di gerbong 1 dan 8, bisnis di gerbong 7, dan sisanya adalah kelas ekonomi premium.
Untuk first class memiliki 18 tempat duduk berwarna abu-abu dengan susunan kursi 2-1. Business class memiliki 28 tempat duduk berwarna merah dengan susunan kursi 2-2, sementara kelas ekonomi premium ada 55 seat dengan susunan 3-2. Semua kursi di setiap kelas bisa diputar berhadapan. Tersedia juga ruang khusus untuk difabel.
Untuk first class memiliki 18 tempat duduk berwarna abu-abu dengan susunan kursi 2-1. Business class memiliki 28 tempat duduk berwarna merah dengan susunan kursi 2-2, sementara kelas ekonomi premium ada 55 seat dengan susunan 3-2. Semua kursi di setiap kelas bisa diputar berhadapan. Tersedia juga ruang khusus untuk difabel.
Kereta yang diklaim sangat nyaman dan tidak bising ini sangat sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, kereta berjalan sangat mulus dan nyaris tidak terdengar suara gesekan roda kereta dengan rel yang biasa kita dengar saat naik kereta api biasa.
Kereta yang diklaim sangat nyaman dan tidak bising ini sangat sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, kereta berjalan sangat mulus dan nyaris tidak terdengar suara gesekan roda kereta dengan rel yang biasa kita dengar saat naik kereta api biasa.
Selama perjalanannya, tidak terasa getaran sama sekali meski kereta api melaju dengan kecepatan sampai 350 km/jam. Ruang kakinya pun cukup luas baik di kelas bisnis maupun kelas ekonomi, dengan tersedia pijakan kaki.
Selama perjalanannya, tidak terasa getaran sama sekali meski kereta api melaju dengan kecepatan sampai 350 km/jam. Ruang kakinya pun cukup luas baik di kelas bisnis maupun kelas ekonomi, dengan tersedia pijakan kaki.
Fasilitas penunjang lainnya yang tersedia dalam kereta penumpang pada kereta cepat di antaranya stop kontak, televisi, meja lipat, dan toilet yang ramah untuk pengguna berkebutuhan khusus.
Fasilitas penunjang lainnya yang tersedia dalam kereta penumpang pada kereta cepat di antaranya stop kontak, televisi, meja lipat, dan toilet yang ramah untuk pengguna berkebutuhan khusus.

Menikmati Kenyamanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

02 Oktober 2023 13:21
Jakarta: Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang diberi nama Whoosh baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin, 2 Oktober 2023. Jokowi mengatakan Whoosh adalah singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat.

Whoosh memiliki kecepatan operasional hingga 350 km/h yang menghubungkan Tegalluar di Bandung, Jawa Barat dengan Halim di Jakarta Timur.
  
Dengan headway 20--30 menit, KCJB menyediakan banyak pilihan waktu perjalanan sehingga jarak Jakarta-Bandung akan ditempuh dalam waktu 36 hingga 44 menit.
  
Kereta cepat Jakarta-Bandung memiliki 8 gerbong yang terdiri dari tiga kelas yaitu first class di gerbong 1 dan 8, bisnis di gerbong 7, dan sisanya adalah kelas ekonomi premium.

Untuk first class memiliki 18 tempat duduk berwarna abu-abu dengan susunan kursi 2-1. Business class memiliki 28 tempat duduk berwarna merah dengan susunan kursi 2-2, sementara kelas ekonomi premium ada 55 seat dengan susunan 3-2. Semua kursi di setiap kelas bisa diputar berhadapan. Tersedia juga ruang khusus untuk difabel.

Kereta yang diklaim sangat nyaman dan tidak bising ini sangat sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, kereta berjalan sangat mulus dan nyaris tidak terdengar suara gesekan roda kereta dengan rel yang biasa kita dengar saat naik kereta api biasa. 

Selama perjalanannya, tidak terasa getaran sama sekali meski kereta api melaju dengan kecepatan sampai 350 km/jam. Ruang kakinya pun cukup luas baik di kelas bisnis maupun kelas ekonomi, dengan tersedia pijakan kaki.

Fasilitas penunjang lainnya yang tersedia dalam kereta penumpang pada kereta cepat di antaranya stop kontak, televisi, meja lipat, dan toilet yang ramah untuk pengguna berkebutuhan khusus.

Stasiun Kereta Cepat mengusung konsep Transit Oriented Development (TOD) untuk memastikan sistem layanan terintegrasi dengan berbagai pilihan moda transportasi, beragam kuliner, fasilitas, dan keistimewaan lainnya. Metro TV/Fani Maulana/Glory Natha

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


(WWD)

Ekonomi Kereta Cepat Kereta Cepat Jakarta-Bandung Kereta Cepat Whoosh