baca juga: Tren Gerakan Ekonomi Sirkular Merambah Digital |
Kali ini, Le Minerale menggandeng salah satu brand sepatu lokal dan ramah lingkungan, Pijakbumi, untuk memperkenalkan dan mengedukasi publik mengenai potensi transformasi sisa konsumsi botol PET menjadi barang baru yang fashionable tetapi tetap mengusung sustainable value. Kolaborasi antara Le Minerale dan Pijakbumi ini merupakan wujud keselarasan visi untuk merespon isu permasalahan lingkungan yang ada di Indonesia.
"Di saat yang sama, kami melihat kesempatan untuk mengolah plastik hasil daur ulang ini lebih lanjut menjadi barang baru dengan nilai fungsi dan jual yang tak kalah baik. Untuk itu, kami secara aktif menggandeng mitra yang tepat, seperti Pijakbumi, untuk menghasilkan karya-karya kreatif, fungsional, dan sekaligus ramah lingkungan sebagai bentuk usaha upcycling” ujar Sustainability Manager Le Minerale Irene Atmadja dalam keterangan tertulis, Selasa, 10 Oktober 2023.
Founder dan CEO Pijakbumi Rowland Asfales menuturkan Pijakbumi berfokus upaya memproduksi sepatu dengan material ramah lingkungan. Dia menjelaskan kolaborasi kali ini merupakan awal dari partnership di beberapa waktu yang akan mendatang.
"Yang pastinya akan semakin menunjukkan penggunaan bahan-bahan daur ulang dan ramah lingkungan dalam fashion sehari-hari bisa menjadikan produk baru yang sama-sama fungsional dan estetik,” ujar dia.
Dalam kolaborasi kali ini, Pijakbumi x Le Minerale menghadirkan activation booth dengan beragam kegiatan menarik, seperti mengkreasikan sepatu dengan bahan-bahan daur ulang PET dan collaborative art ilustrasi Kevinswork dengan pengunjung Brightspot.
Kolaborasi lain
Sebelum dengan Pijakbumi, Le Minerale juga berkolaborasi sejumlah brand lokal guna mewujudkan praktik bisnis perusahaan yang lebih ramah lingkungan, seperti dengan Cosmonauts dan Aerostreet untuk menggunakan R-PET pada produk fesyennya sebagai bentuk sustainability action.“Kolaborasi dengan Pijakbumi ini merupakan kolaborasi ketiga kami dengan brand-brand yang memiliki passion tinggi untuk turut memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya anak-anak muda, akan penerapan nilai-nilai sustainability dalam kehidupan sehari-hari. Ke depannya, kolaborasi Le Minerale tentunya tidak hanya akan terbatas pada brand-brand fashion,” ujar Irene.
Selain melalui brand collaborations, untuk mensukseskan Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional (GESN), Le Minerale juga bekerja sama telah dilakukan dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI), dan berbagai mitra lainnya yang berfokus pada pengumpulan dan pengelolaan sampah.
Selama 2022, peningkatan atau growth collection yang berhasil didapatkan oleh GESN sebesar 101 persen dibandingkan dari 2021. Sementara itu, hingga 2023 ini, GESN berhasil meraih setidaknya 859 ton collection tiap bulannya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id