Joe Biden calon presiden Amerika Serikat ke-46. Foto : AFP.
Joe Biden calon presiden Amerika Serikat ke-46. Foto : AFP.

Indonesia Harus Siapkan Aset Ramah Lingkungan Usai Kemenangan Biden

Ekonomi joe biden Pilpres AS 2020
Annisa ayu artanti • 12 November 2020 17:07
Jakarta: Indonesia diminta untuk berbenah dan mulai mempersiapkan aset-aset yang bersifat ramah lingkungan menyusul terpilihnya Joe Biden sebagai presiden Amerika Serikat ke-46.
 
Hal tersebut disampaikan oleh Chief Economist Citi Indonesia Helmi Arman lantaran Partai Demokrat sangat memperhatikan hal-hal terkait lingkungan.
 
"Sehingga Indonesia juga mungkin harus beradaptasi menyediakan aset-aset yang lebih ramah terhadap lingkungan supaya masuk dalam aset yang investable," kata Helmi dalam konferensi pers virtual, Kamis, 12 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menjelaskan, sebagai negara Adidaya, Amerika Serikat memiliki kekuatan untuk menjadi trendsetter. Begitu pula dalam kegiatan investasi. Saat investasi ramah lingkungan digaungkan pasti banyak negara mengikutinya.
 
Menurut Helmi dengan mempersiapkan aset-aset yang ramah lingkungan tersebut Indonesia akan menjadi negara yang ramah investasi.
 
"Partai demokrat di Amerika Serikat yang mereka lebih concern terhadap hal-hal yang berbau environment, maka mungkin tema ESG (Environmental, Social and Governance) investing ini akan semakin menjadi tren di seluruh dunia," jelasnya.
 
Di sisi lain, kemenangan Biden juga membuka peluang bagi negara-negara yang memiliki kerja sama atau mitra dengan Tiongkok, termasuk Indonesia.
 
Pasalnya, saat Biden memimpin Amerika Serikat diprediksi keagresifan Amerika terhadap Tiongkok akan berkurang. Kondisi tersebut berpotensi menstimulasi kegiatan investasi di Tiongkok dan kemudian memberikan dampak positif kepada negara yang bermitra dengannya.
 
"Tiongkok akan membutuhkan banyak bahan baku dan bahan intermediet juga, Indonesia bisa menyuplai. Sehingga itu akan berdampak positif terhadap ekspor kita," pungkasnya.
 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif