Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti. Foto: dok Bappenas.
Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti. Foto: dok Bappenas.

Pertama di Indonesia, Bappenas akan Inisiasi Blue Financing

Ade Hapsari Lestarini • 06 September 2022 22:20
Belitung: Indonesia memiliki kekuatan laut yang sangat besar, sehingga berperan penting dalam pengembangan ekonomi biru. Khususnya terhadap pembangunan rendah karbon.
 
Menurut Bank Dunia, ekonomi biru adalah pemanfaatan sumber daya laut yang berwawasan lingkungan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan, dan mata pencaharian sekaligus pelestarian ekosistem laut.
 
Ada berbagai sektor yang termasuk di dalamnya, seperti perikanan, energi terbarukan, pariwisata, transportasi air, pengelolaan limbah, dan mitigasi perubahan iklim. Jika dikelola dengan konsep berkelanjutan, maka tiap sektor mampu membantu mewujudkan Indonesia yang sejahtera.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Blue economy (ekonomi biru) salah satu sumber pertumbuhan ekonomi baru, yang ditargetkan bisa mencapai enam persen sebelum 100 tahun kemerdekaan," ujar Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti, saat konferensi pers, Selasa, 6 September 2022.
 
Baca juga: Indonesia Bakal Prioritaskan Implementasi Ekonomi Biru

Menurut dia, implementasi Peta Jalan Ekonomi Biru juga akan mendukung transformasi ekonomi Indonesia dalam jangka menengah dan panjang, sekaligus berkontribusi pada penciptaan lapangan kerja yang layak dan meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap perubahan iklim.
 
Amalia menegaskan, ekonomi biru menjadi paradigma ekonomi baru karena besarnya potensi yang bisa digarap. Juga sebagai nilai tambah dan produktivitas lintas sektor.
 
Terkait hal itu, Bappenas akan menginisiasi blue financing. Direktur Industri, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bappenas Lenonardo A.A Teguh Sambodo menambahkan, blue financing ini akan menjadi yang pertama di Indonesia.
 
"Bappenas akan menginisiasi blue financing, membuat framework-nya, ini yang pertama di Indonesia. Skema pendanaan pertama, inovatif, ada blended finance, ada platform yang lebih formal," ujar Leonardo.
 
(AHL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif