Ilustrasi plastik pada kemasan produk. Foto: tangkapan layar Metro TV.
Ilustrasi plastik pada kemasan produk. Foto: tangkapan layar Metro TV.

Daur Ulang Limbah Plastik Bernilai Ekonomi Tinggi

Ekonomi ramah lingkungan daur ulang Le Minerale
Medcom • 01 September 2020 21:50
Jakarta: Ketua Umum Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI) Christine Halim mengatakan kegiatan daur ulang limbah plastik menjadi salah satu penggerak kegiatan ekonomi berbasis sirkular.
 
Menurut Christine, dengan bahan yang mudah didaur ulang akan mampu menjaga perputaran kemasan plastik. Selain itu, di banyak negara maju, siklus ekonomi daur ulang limbah plastik sudah dianggap sebagai salah satu solusi pengelolaan limbah yang cukup efektif.
 
Adapunjenis plastik yang paling mudah didaur ulang adalah Polyethylene Terephthalate (PET), dengan kode angka 1. Kode ini biasanya tertera di bagian bawah kemasan plastik. Salah satu produk kemasan ini adalah galon air minum kemasan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Galon plastik PET mudah sekali didaur ulang dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Penggunaan bahan ini sejalan dengan visi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengenai peta penanganan sampah melalui daur ulang dan pemanfaatan kembali dengan prinsip sirkulasi ekonomi," katanya, Selasa, 1 September 2020.
 
Model ekonomi sirkulasi menurutnya bertujuan untuk memperpanjang masa pakai sampah menjadi sesuatu yang berdaya guna untuk dimanfaatkan kembali. Juga sebagai alternatif bahan baku atau didaur ulang menjadi produk baru, sehingga dapat menghemat biaya produksi atau menjadi produk baru yang laku jual.
 
Christine menyebutkan, dari total plastik daur ulang oleh anggotanya, sebanyak 70 persen diekspor. "Selain harga lebih kompetitif, apresiasi pasar di luar negeri juga lebih besar ketimbang pasar domestik. Barang-barang produk daur ulang kami diekspor ke Eropa dengan harga yang lebih mahal 50 persen. Kalau domestik hanya USD800, diekspor bisa USD1.200 per metrik ton," jelasnya.
 
Jadi secara tidak langsung, keberadaan galon sekali pakai ikut memberikan kontribusi terhadap pergerakan ekonomi khususnya yang berkaitan dengan industri daur ulang.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif