Mandiri Syariah meluncurkan Griya Berkah. FOTO: Mandiri Syariah
Mandiri Syariah meluncurkan Griya Berkah. FOTO: Mandiri Syariah

Mandiri Syariah Bidik KPR Tumbuh 20% di 2020

Ekonomi bsm kpr Penyediaan Rumah
Angga Bratadharma • 29 Januari 2020 16:14
Jakarta: PT Bank Syariah Mandiri atau Mandiri Syariah yakin segmen pembiayaan rumah bisa tumbuh 20 persen di sepanjang 2020 atau lebih tinggi dibandingkan dengan pencapaian pertumbuhan di 2019 yang mencapai 12 persen. Salah satu pendongkrak agar Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang dimiliki bisa mencapai target adalah dengan meluncurkan Griya Berkah.
 
"Untuk mencapai targetnya sudah pas. Nasabah kita milenial. Kedua kita kasih ke nasabah payroll. Nasabah payroll ini milenial juga. Jadi pas," ungkap Senior Executive Vice President (SEVP) Retail Banking Mandiri Syariah Wawan Setiawan, di Lucky Cat Coffee & Kitchen, Jakarta, Rabu, 29 Januari 2020.
 
Adapun dalam kesempatan itu, Mandiri Syariah meluncurkan Griya Berkah yaitu pembiayaan pemilikan rumah dengan hadiah porsi haji kepada nasabah yang diberikan dalam bentuk Tabungan Mabrur tanpa ada kenaikan margin pembiayaan. Hadiah diproses melalui Tabungan Mabrur nasabah dengan periode dua tahun pembiayaan selama pembayaran angsuran lancar.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Layanan ini menggunakan akad Murabahah dan ditujukan bagi nasabah pembiayaan pemilikan rumah hunian baik baru, rumah second maupun take over dari bank lain. Wawan mengatakan, dengan Griya Berkah, Mandiri Syariah tidak hanya memberikan solusi pembiayaan pemilikan rumah dengan prinsip syariah.
 
Namun, lanjutnya, juga memberikan kemudahan bagi nasabah untuk mewujudkan impian melaksanakan ibadah haji. "Kami ingin mengakomodir tingginya animo masyarakat dalam melaksanakan ibadah umrah dan haji. Alhamdullilah, hal ini sejalan dengan adanya persepsi positif Mandiri Syariah sebagai bank layanan haji umroh," kata Wawan.
 
Per Desember 2019, Tabungan Mabrur Mandiri Syariah mencapai lebih dari Rp5 triliun dengan jumlah rekening mencapai dua juta rekening. Dengan maksimal nilai pembiayaan sebesar Rp5 miliar, Griya Berkah mempunyai jangka waktu pinjaman atau tenor hingga 20 tahun.
 
Sebagai tahap awal layanan ini akan menjangkau di wilayah Jabodetabek untuk selanjutnya secara bertahap akan meluas ke kota-kota besar lainnya.
 
Sementara itu Group Head Consumer and Finance Mandiri Syariah Praka Mulia Agung menyampaikan Mandiri Syariah adalah bank pertama yang mengasosiasikan produk pembiayaan rumah dengan dengan produk Tabungan Haji.
 
“Jadi selain mendapatkan rumah impian, nasabah akan mendapatkan tambahan hadiah berupa Tabungan Mabrur untuk membayarkan porsi haji dalam periode dua tahun,” jelas Praka.
 
Melalui Griya Berkah Mandiri Syariah ingin memberikan layanan ultimate bagi nasabah di mana dengan mengambil pembiayaan pemilikan rumah secara otomatis nasabah akan mendapat porsi haji.
 
“Insya Allah ada dua kebutuhan nasabah yang akan terpenuhi yaitu rumah dan haji. Tentunya dengan syarat minimal dalam periode dua tahun performa pembayarannya harus baik,” tambah Praka.
 
Dari sisi performa, hingga akhir 2019 Mandiri Syariah telah menyalurkan pembiayaan Griya Berkah sebesar Rp11,35 triliun, naik dari periode sebelumnya sebesar 11,5 persen secara year on year dengan kualitas yang terjaga baik.
 
“Kedepannya kami optimistis pembiayaan pemilikan rumah Mandiri Syariah akan tumbuh lebih baik lagi terlebih dengan adanya program ini. Semoga upaya kami dalam memberikan spiritual value dalam produk layanan akan lebih pasti dan lebih berkah bagi nasabah,” tutup Wawan.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif