Pelindo I Disuntik Tiga BUMN Rp1,3 Triliun
Pelindo I Disuntik Tiga BUMN Rp1,3 Triliun. (FOTO: Medcom.id/Nia Deviyana)
Jakarta: PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I mendapat pembiayaan investasi sebesar Rp1,3 triliun dari tiga bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN), antara lain Bank Mandiri, BRI, dan BNI.

"Penandatanganan fasilitas kredit sindikasi ini berjangka waktu tujuh tahun dan akan kami gunakan untuk membeli alat-alat dan penguatan dermaga di sejumlah pelabuhan utama di Indonesia bagian barat," ujar Direktur Utama Pelindo I Bambang Eka Cahyana di Hotel Burobudur, Senin, 19 November 2018.

Adapun pelabuhan yang mendapat pembenahan antara lain Pelabuhan Belawan, dermaga petikemas di Pelabuhan Perawang Pekanbaru, dermaga di Pelabuhan Dumai, dan pelabuhan Malahayati.

Fasilitas kredit juga akan dimanfaatkan Pelindo I untuk meningkatkan sarana dan prasarana pelabuhan penumpang, seperti penataan terminal penumpang Sibolga, pembangunan terminal penumpang baru di Pelabuhan Sei Kolak Kijang, serta pengoperasian pelabuhan penumpang internasional dan domestik di Tanjung Panagak.

Selain itu akan dilakukan penguatan di bidang digitalisasi, seperti penerapan sistem cashless. "Dengan langkah ini, diharapkan biaya logistik nasional menjadi lebih efisien," tambah Bambang.

Pada kesempatan yang sama, suntikan kredit sebesar Rp479 miliar juga diberikan untuk pembiayaan PT Prima Multi Terminal dari PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero). Selain itu, juga pernyataan kembali fasilitas kredit investasi PT Prima Multi Terminal sebesar Rp2,1 triliun.

"Kredit dari sejumlah lembaga keuangan menunjukkan kepercayaan yang tinggi pada kinerja perseroan. Sinergi BUMN ini secara langsung membantu meningkatkan layanan kepada masyarakat," pungkasnya.

Pembaruan fasilitas pelabuhan dan pembaruan dermaga ini ditargetkan selesai pada kuartal pertama 2019.



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id