Menaker M Hanif Dhakiri (Foto:Dok.Kemenaker)
Menaker M Hanif Dhakiri (Foto:Dok.Kemenaker)

Menaker Banggakan Tingkat Pengangguran Terendah dalam Sejarah

Ekonomi berita kemenaker
Gervin Nathaniel Purba • 17 Agustus 2019 16:46
Jakarta: Pada momen peringatan HUT ke-74 RI, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri membanggakan capaian pemerintah menekan angka pengangguran.
 
Di bawah kepemimpinan Presiden RI Joko Widodo selama 4,5 tahun, telah tersedia 11.196.270 lapangan kerja baru. Angka tersebut melampaui target 10 juta lapangan kerja dalam lima tahun.
 
“Tingkat pengangguran di Indonesia saat ini berada pada angka 5,01 persen, atau merupakan angka pengangguran terendah dalam sejarah Indonesia,“ ujar Menaker Hanif, saat memberikan kata sambutan dalam peringatan HUT ke-74 RI, di kantor pusat Kemenaker, Jakarta, Sabtu, 17 Agustus 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan data BPS per Febuari 2019, angkatan kerja Indonesia saat ini berjumlah 136 juta orang. Jumlah penduduk yang bekerja sebanyak 129 juta orang atau sekitar 94 persen.
 
Jumlah penganggur sebanyak 6,82 juta orang (5,01 persen). Komposisi tenaga kerja yang bekerja didominasi lulusan SD ke bawah (42 persen) dan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) didominasi oleh lulusan SMK sebesar 8,63 persen.
 
“Data tersebut menjadi bahan renungan kita semua, terutama untuk kelompok masyarakat penganggur dan pekerja dengan latar belakang pendidikannya. Di samping itu juga perlu dipikirkan solusi bersama untuk kelompok pekerja yang kompetensinya disesuaikan dengan perkembangan teknologi sebagai dampak dari revolusi industri 4.0,“ kata Menaker Hanif.
 
Mengenai upaya penanggulangan masalah pengangguran dan peningkatan kualitas pekerja, harus dilaksanakan secara nyata dan berkesinambungan.
 
"Agar dapat membawa manfaat bagi tenaga kerja yang pada akhirnya mampu meningkatkan produktivitas perusahaan dan daya saing nasional," tutur Menaker Hanif.
 

(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif