Almarhum BJ Habibie. FOTO: dok MI/Panca Syurkani.
Almarhum BJ Habibie. FOTO: dok MI/Panca Syurkani.

Habibie Sosok Presiden Dikala Ekonomi Sulit

Ekonomi bj habibie
Desi Angriani • 12 September 2019 13:04
Jakarta: Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil mengenang sosok almarhum BJ Habibie sebagai Presiden RI dalam masa-masa sulit. Habibie berhasil mengeluarkan Indonesia dari krisis ekonomi menuju era reformasi.
 
"Beliau menjadi presiden di waktu ekonomi sulit," kata Sofyan saat ditemui di Aula Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis, 12 September 2019.
 
Menurutnya, Habibie tak hanya jenius sebagai bapak teknologi bangsa tapi juga ulet memperbaiki kondisi perekonomian nasional. Kontribusi Habibie juga begitu besar dalam menyiapkan Indonesia sebagai negara yang demokratis.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya tidak bayangkan bahwa reformasi akan berjalan begitu smooth kalau presidennya bukan Pak Habibie waktu itu," tambahnya.
 
Habibie wafat di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, pada Rabu 11 September pukul 18.05 WIB. Habibie menghembuskan napas terakhirnya karena faktor usia dan gagal jantung.
 
Habibie dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, pada pukul 13.00 WIB. Ia dimakamkan tepat di sebelah makam sang istri, Ainun Habibie. Upacara pemakaman pun dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.
 

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif