Menkeu Cairkan Rp560 Miliar untuk Gempa-Tsunami Palu

Suci Sedya Utami 30 September 2018 08:23 WIB
gempatsunamiGempa Donggala
Menkeu Cairkan Rp560 Miliar untuk Gempa-Tsunami Palu
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Medcom.id/Suci Sedya Utami.
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan pemerintah telah menyiapkan anggaran yang bisa segera dicairkan (on call) sebesar Rp560 miliar oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menangani bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

"Kami permintaan dari BNPB sekitar hampir Rp 560 miliar. Kami proses hari ini supaya bisa dicairkan sesegera mungkin, hari Senin atau bahkan kalau besok memungkinkan dari perbankan itu adalah sebagai BNPB bisa langsung melakukan operasi," ujar Ani sapaan akrabnya ditemui di Epicentrum, Jakarta, Sabtu, 29 September 2018.

Dana tersebut nantikan akan digunakan untuk menangani para korban terdampak terutama yang berhubungan dengan kesehatan dan keselamatan.

Dia bilang saat ini merupakan masa darurat yang mana korban harus ditangani dan meminimalisir terserang penyakit.

"Kami pertama tidak bicara infrastruktur dulu, kita bicara nyawa manusia, jadi kami lakukan pada minggu awal. Tolong masyarakat diinisiasi kesehatan, keselamatan, stok makanan, dan minuman dam shelter sementara," tutur dia.

Menurut mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini sebelum gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah, pemerintah juga telah mencairkan dana on call untuk gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat.



(SCI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id