Ilustrasi - - Foto: MI/ANGGA YUNIAR
Ilustrasi - - Foto: MI/ANGGA YUNIAR

ASDP Beli 11 Kapal Baru Tahun Ini

Ekonomi bumn asdp
Annisa ayu artanti • 06 Februari 2020 16:25
Jakarta: PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berencana membeli sebelas kapal tambahan tahun ini. Pengadaan kapal baru untuk mendukung kegiatan operasional perusahaan.
 
Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi mengatakan selama lima tahun kedepan ASDP setidaknya membutuhkan 54 kapal baru. Saat ini jumlah kapal yang dikelola ASDP berjumlah 202 kapal, yang terdiri dari 150 kapal milik ASDP, dan 52 milik swasta.

 
"Dalam lima tahun ke depan itu mau tambah sekitar 54. Tahun ini kita nambah 11 kapal," kata Ira di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis, 6 Februari 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ira menjelaskan tahun ini perusahaan sudah mengalokasikan belanja modal atau (capital ecpenditure/capex) sebesar Rp1,6 triliun. Sebagian dari dana capex tersebut akan digunakan untuk pengadaan sebelas kapal.
 
"(Dari capex Rp1,6 triliun) Prioritasnya penambahan armada. Jadi kita mau beli kapal," ucapnya.
 
Kapal-kapal baru tersebut akan dibeli dari galangan kapal yang ada di Indonesia dan sebagian lainnya dibeli dari luar negeri melalui agen. Kapal tersebut memiliki spesifikasi berbeda sesuai dengan rute yang saat ini eksisting.
 
"Dari dalam itu dari galangan kapal yang ada. Kalau dari luar agak rumit (pembeliannya), kita membeli dari agen," ujarnya.

 
Di sisi lain, Ira menyebutkan kebutuhan kapal-kapal baru tersebut juga sebagai pendukung rute-rute baru yang akan dioperasikan ASDP. Dalam waktu dekat ASDP berencana membuka rute internasional yaitu Maritaing, NTT-Dili, Timor-Timor. Rute tersebut ditargetkan dapat beroperasi tahun ini.
 
"Harapannya tahun ini on. Pak Menteri Perhubungan (Budi Karya Sumadi) dan Gubernur NTT sudah berbicara tahun ini berharap untuk jalan semua," tukasnya.
 

(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif