Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia Hariyadi Sukamdani. Foto: Medcom.id/Desi Angriani.
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia Hariyadi Sukamdani. Foto: Medcom.id/Desi Angriani.

Pengusaha Senang Dirut Garuda Dicopot

Ekonomi Garuda Indonesia Pergantian Direksi BUMN
Eko Nordiansyah • 06 Desember 2019 15:21
Jakarta: Pengusaha mengaku senang dengan pencopotan Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Pencopotan dirut Garuda diharapkan bisa memberi perubahan bagi perusahaan BUMN ke arah yang lebih baik.
 
"Ini terus terang saya dengan adanya pergantian dirut Garuda ini, saya sebagai Ketua PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) dari sektor pariwisata gembira banget," kata Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia Hariyadi Sukamdani ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Jumat, 6 Desember 2019.
 
Selama ini Hariyadi menuding Ari Askhara sebagai salah satu penyebab tingginya harga tiket. Bahkan dirut Garuda dianggap sebagai biang keladi perseteruan antara Garuda dengan Traveloka sehingga menyebabkan ketidakadilan di industri penerbangan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini mudah-mudahan, ini titik kita membenahi semua itu. Karena ini bicara tidak hanya pariwisata, tapi konektivitas, bicara pertumbuhan ekonomi kita juga. Bayangkan bukan hanya penumpang yang kena masalah, kargo kan juga jadi mahal banget, naik enggak kira-kira. Itu kan menganggu banget," jelas dia.
 
Dirinya menambahkan, pembenahan di maskapai Garuda bisa dilakukan secara menyeluruh. Tak hanya itu, Haryadi berharap terjadi kompetisi yang sehat di antara industri penerbangan dalam negeri, sehingga tercipta lebih kompetitif dibandingkan dengan maskapai negara lain.
 
"Kalau bicara LCC kita lebih mahal. Pokoknya di mana tidak ada kompetisi pasti harganya mahal. Kalau ada kompetitor, harga murah. Enggak fair lah rakyat dirugikan. Apalagi wilayah timur sangat terganggu banget, terjadi penurunan kunjungan traveler," pungkasnya.
 
Pencopotan dilakukan usai terungkap kasus penyelundupan motor Harley-Davidson dan sepeda Brompton di pesawat Garuda Indonesia jenis Airbus A330-900 NEO. Pencopotan Ari Askara dilakukan usai mendapatkan kesaksian baru yang berasal dari dokumen komite audit dan komisaris.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif