Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu.
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu.

Laporan dari Tiongkok

Mendag Bidik Kerja Sama Ekspor Sarang Burung Walet Segera Terealisasi

Ekonomi indonesia-tiongkok Sarang Burung Walet
MetroTV • 20 September 2019 19:56
Pingxiang: Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita berharap kerja sama ekspor sarang burung walet dan buah tropis ke Tiongkok segera terealisasikan.
 
Enggar pun telah melakukan pertemuan bilateral dengan Wang FangHong selaku Executive Deputy Director of the Administrative Committee of Guangxi Pingxiang Integrated Free Trade Zone di Pingxiang, Tiongkok, Jumat, 20 September 2019.
 
Mendag berharap Kota Pingxiang, dari Provinsi Guangxi yang mendapatkan kekhususan dari Pemerintah Tiongkok sebagai daerah special economic zone, dapat menerima berbagai komoditas dari Indonesia.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita berharap melalui kerja sama ini, ekspor komoditas Indonesia dapat meningkat, karena kota Pingxiang mempunyai kekhususan dan diizinkan mengolah sarang burung walet. Kemudahan dan kesempatan itulah yang akan menjadi pintu masuk untuk komoditas Indonesia ke dalam pasar perdagangan Tiongkok," jelasnya.
 
Pertemuan bilateral ini juga untuk menindaklanjuti pertemuan sebelumnya dengan Minister of General Administration of Custom China (GACC), Ni Yuefeng di Beijing, pada Juli lalu. Ni Yuefeng menyetujui akan ada dua provinsi yang menjadi pintu masuk ke pasar Tiongkok, yakni Fujian dan Guangxi.
 
Hal positif juga diutarakan Wang FangHong. Ia pun berharap dapat bekerja sama dalam berbagai bidang potensi, dan juga komoditas buah tropis dan sarang burung walet asal Indonesia dapat banyak masuk melalui Pingxiang, serta ditargetkan dapat terealisasi dalam waktu dekat.
 
"Saya juga berharap dalam waktu singkat, sarang burung walet dan buah tropis dapat direalisasikan di daerah Pingxiang," harapnya.
 
Adapun kerja sama ini tentu berdampak baik bagi peningkatan ekspor Indonesia dan kerja sama perdagangan antara Indonesia dan Tiongkok. (Dian Ratnasari/Metro TV)
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif