Ilustrasi. Foto : MI/ROMMY PUJIANTO.
Ilustrasi. Foto : MI/ROMMY PUJIANTO.

OJK dan BI Minta Perbankan Update Mesin ATM

Ekonomi anjungan tunai mandiri (atm)
Annisa ayu artanti • 12 September 2019 21:45
Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Bank Indonesia (BI) sedang melakukan standarisasi mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) untuk meminimalisir kasus skimming yang kerap terjadi di ATM-ATM perbankan BUMN.
 
"OJK dan BI saat ini sedang bekerja sama untuk melakukan standarisasi mesin ATM dengan mengganti secara bertahap mesin ATM versi lama," kata Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Heru Kristiyana kepada Medcom.id, Kamis, 12 September 2019.
 
Heru menjelaskan kasus skimming memang masih terjadi dalam beberapa kasus di beberapa ATM. Namun dibanding total keseluruhan ATM yang saat ini jumlahnya puluhan ribu persentase kasus skimming sangat sedikit.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika terjadi kasus skimming, otoritas sudah memberitahu bank untuk mengganti rugi nasabah yang terkena skimming. "Bank juga kita minta mengganti kerugian nasabah karena kasus skimming," ujar dia.
 
Lebih lanjut, Heru menjelaskan perbankan juga diminta untuk melakukan pengawasan dan pemeliharaan mesin-mesin ATM secara rutin. Sebab beberapa kasus skimming terjadi di mesin ATM yang lama.
 
"Juga kita minta untuk melakukan pengawasan dan pemeliharaan mesin-mesin ATM secara intens," ucap dia.
 
Bank Indonesia dan OJK sudah juga sejak lama mewajibkan kartu baru menggunakan cip dan mengganti secara bertahap kartu-kartu lama dengan technologi cip.
 
"Sangat disadari bahwa fraudster tidak akan bisa dihilangkan sama sekali. Oleh karena itu mitigasi risiko yang tepat dengan mengenali pola fraudster dan memperbaiki infrastruktur tehnologi sistem pembayaran setidaknya akan meminimalkan potensi risiko ini dan mengurangi kerugian nasabah," tukas dia.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif