Ilustrasi Bandara Internasional Yogyakarta (New Yogyakarta International Airport/NYIA), Kulon Progo. (FOTO: dok Angkasa Pura)
Ilustrasi Bandara Internasional Yogyakarta (New Yogyakarta International Airport/NYIA), Kulon Progo. (FOTO: dok Angkasa Pura)

Bandara Kulon Progo Beroperasi 29 April

Ekonomi bandara
22 April 2019 08:32
Kulon Progo: Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport-YIA) di Kulon Progo, menurut rencana akan mulai beroperasi pada 29 April 2019. Berbagai uji coba guna memenuhi persyaratan untuk operasional tengah dilakukan.
 
"Kami tengah melakukan kegiatan Airport Security Committee Meeting yang merupakan bagian dari rangkaian sebelumnya. Tiga hari yang lalu, kami telah Airport Emergency Committee Meeting, penanganan keadaan darurat," kata juru bicara proyek NYIA, Agus Pandu Purnama, akhir pekan lalu.
 
Kegiatan tersebut dilakukan untuk menjamin keamanan operasional bandara dari perusakan instalasi hingga pembajakan. Adapun standar pengamanan yang diterapkan mengacu pedoman wajib sesuai dengan International Civil Aviation Organization (ICAO).
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Progres Operasional Bandara NYIA Mendekati 70 Persen
 
Pandu menambahkan YIA telah mendapat sertifikat bandar udara (SBU) dari Kementerian Perhubungan pada 15 April 2019 lalu. Kantor Keimigrasian di tempat itu juga telah menerima sertifikat dari Direktorat Jenderal Keimigrasian.
 
"NYIA dinyatakan lolos sebagai bandar udara sehingga YIA sudah layak dan boleh digunakan untuk penerbangan," ungkapnya.
 
Menurut jadwal, YIA akan dioperasionalkan untuk pertama kali pada 29 April 2019. Pada 26 April 2019, Pesawat Garuda Indonesia dengan 175 penumpang akan melakukan uji coba pada pukul 09.30 WIB.
 
Pada 1 April 2019 lalu, jadwal peresmian Bandara NYIA mundur dari target awal. Project Manajer Pembangunan NYIA PT Angkasa Pura 1, Taochid Purnama mengatakan Bandara NYIA seharusnya diresmikan pada 9 April 2019. Namun pihaknya belum bisa menentukan tanggal peresmian.
 
Baca juga: Peresmian Bandara NYIA Molor dari Jadwal
 
Taochid mengatakan mundurnya tanggal pengoperasian disebabkan Angkasa Pura 1 menunggu hasil verifikasi kelayakan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).
 
Angkasa Pura tengah melakukan uji kelayakan internal sebagai persiapan menghadapi uji kelayakan Kemenhub. Tahap awal, terminal yang dapat dioperasionalkan seluas 12.920 meter persegi.
 
Terminal ini diprediksi mampu menampung puluhan ribuan penumpang per hari. Namun pada awal peresmian, Bandara NYIA hanya melayani penerbangan international.

 
Bandara NYIA ditargetkan beroperasi total pada Desember 2019. Total luas terminalnya 210 ribu meter persegi dan mampu menampung 14 juta penumpang setahun. Bandara ini turut melayani penerbangan domestik dan internasional.(Media Indonesia)
 

(AHL)
MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif