Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)
Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)

Menko Luhut Sebut Kinerja Budi Karya Tidak Gagal

Ekonomi pesawat penerbangan Tarif Tiket Pesawat
Husen Miftahudin • 09 Mei 2019 06:16
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan membela Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yang dianggap gagal menurunkan harga tiket pesawat. Luhut dengan tegas menyebut kinerja Budi tak pernah gagal sebagai pengatur utama di bidang perhubungan.
 
"Pak Budi Karya paten. Bagus kok, enggak gagal," ujar Luhut singkat dalam acara Afternoon Tea di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu, 8 Mei 2019.
 
Beberapa hari belakangan, masyarakat meminta Menhub Budi Karya Sumadi turun dari jabatannya. Isu itu jadi trending topik di Twitter. Bahkan, jutaan warga maya menandatangani petisi meminta Menhub segera menurunkan tarif tiket pesawat.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Awal mula tingginya harga tiket pesawat terjadi di akhir 2018. Lantaran peak season di musim libur akhir tahun hingga tahun baru 2019 membuat sejumlah maskapai penerbangan mematok tinggi tarif tiket pesawat.
 
Sayangnya, harga tiket pesawat tak kunjung turun hingga tiga bulan pertama 2019. Menhub bahkan meminta bantuan Menko Perekonomian Darmin Nasution dan Menteri BUMN Rini Soemarno untuk ikut turun tangan mengatasi permasalahan ini.
 
Mantan Direktur Angkasa Pura II itu menilai, tingginya tarif yang dipatok maskapai pelat merah Garuda Indonesia menjadi penyebab utama tingginya tarif tiket di pasaran. Pasalnya, maskapai lain cenderung mengikuti tarif yang dipasang Garuda.
 
Namun, manajemen Garuda berdalih tingginya harga tarif angkutan udara disebabkan oleh melonjaknya harga bahan bakar utama pesawat, avtur. Maklum, avtur merupakan komponen tertinggi dalam biaya operasional maskapai penerbangan, bahkan mencapai 40 persen.
 
Soal kinerja Menhub yang dinilai tak becus oleh warganet, Budi akhirnya angkat bicara. Ia tak ambil pusing kritikan warga maya tersebut, Budi hanya ingin fokus untuk bekerja.
 
"Saya hanya ingin fokus kerja. Contohnya saya kerja ke Solo dan ke mana-mana itu untuk apa? Untuk memastikan mudik tahun ini berjalan dengan baik. Karena mudik ini harus lebih baik dari segi fasilitas dan lainnya, apalagi saat ini sudah ada jalan tol," tutur dia beberapa waktu lalu.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif