Ilustrasi. (FOTO: Medcom.id)
Ilustrasi. (FOTO: Medcom.id)

Mandiri Capital Bidik 8 Startup untuk Investasi Tahun Depan

Ekonomi mandiri capital indonesia
Nia Deviyana • 03 Desember 2018 20:00
Jakarta: PT Mandiri Capital memiliki target investasi di enam hingga delapan startup pada tahun depan. Sama seperti 2018, Mandiri Capital masih akan fokus pada fintech dan fintech enabler.
 
"Memang sudah ada pendekatan ke beberapa startup tapi belum bisa kita sebut," ujar Direktur Finance Mandiri Capital Hira Laksamana di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin, 3 Desember 2018.
 
Adapun pada tahun ini Mandiri Capital telah berinvestasi di 10 perusahaan dengan nilai kurang lebih Rp350 miliar. Perusahaan-perusahaan tersebut yakni Amartha, Investree, Koinworks, serta SME Solution yang terdiri dari Moka, Jurnal, dan Privy Id untuk kategori peer to peer lending, kemudian Yokke, Digital Artha Media, Cashless dan PTEN untuk kategori payment.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tujuan kita untuk membentuk bussiness issuing dan bussiness acquiring Bank Mandiri. Masih ada banyak ruang untuk kita bisa investasi," tambah Hira.
 
Selain itu, pada 2019 Mandiri Capital juga akan menerbitkan venture fund sebagai instrumen pendanaan baru yang akan diluncurkan pada kuartal I-2019.
 
Venture fund merupakan produk yang mirip reksa dana, yang dananya akan diinvestasikan pada perusahaan startup, khususnya startup lokal, baik fintech maupun non-fintech.
 
"Tahun ini kita baru dapat izin dari OJK. Produk ini diharapkan bisa membangun ekosistem startup di Indonesia," jelas Hira.
 
Untuk investor venture fund, Mandiri Capital menyasar individual maupun korporasi. Adapun besaran dana yang ditargetkan sebesar USD50 juta. Namun, Mandiri Capital telah mendapat capital injection dari Bank Mandiri sebesar Rp550 miliar pada 2019.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi