Ilustrasi (MI/Bagus Suryo)
Ilustrasi (MI/Bagus Suryo)

Kabupaten Banggai Panen Raya Jagung Seluas 3.000 Ha

Ekonomi panen jagung jagung
05 Maret 2019 11:33
Luwuk: Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, dalam waktu dekat, akan melaksanakan panen raya jagung pada areal pertanaman seluas 3.000 hektare (ha). Adapun produksi dari panen raya jagung tersebut diperkirakan mencapai 18 ribu ton.
 
Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Banggai Usman Suni mengemukakan panen raya akan dilakukan secara bersamaan dan melibatkan gabungan kelompok tani terpusat di Kecamatan Bualemo pada akhir Maret 2019.
 
"Kami perkirakan ada sekitar 18 ribu ton jagung pipilan kering hasil panen masyarakat di Bualemo nanti," katanya, seperti dikutip dari Antara, di Luwuk, Selasa, 5 Maret 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Usman mengutarakan untuk Kecamatan Bualemo terdapat sekitar 4.000 hektare lahan petani yang ditanami jagung. Sebagian atau sektiar 1.000 ha telah dipanen lebih awal. Meski demikian, masih ada jagung di lahan produksi seluas 3.000 hektare yang segera memasuki masa panen.
 
"Selain di Bualemo, sebenarnya di Kecamatan Nuhon juga ada sekira 800 hektare lahan jagung, di Bunta dan Simpang Raya juga ada. Tapi di dua kecamatan itu tidak banyak," ujarnya.
 
Pemerintah Kabupaten Banggai akan membantu masyarakat dalam memasarkan hasil panennya dengan mengandeng perusahaan daerah dalam penjualan hasil jagung. "Kami sudah koordinasi Pak Bupati dan rencananya akan bantu pemasarannya melalui Perusahaan Daerah Banggai Sejahtera," sebut Usman.
 
Ia mengaku saat ini tanaman jagung di Bualemo tengah diawasi perkembangannya oleh penyuluh setempat. Upaya peningkatan penanaman jagung di Bualemo tidak lepas dari kinerja para tenaga penyuluh terutama pada edukasi masyarakat mulai dari menanam hingga merawat tanaman jagung.
 
"Tenaga penyuluh pertanian di sana patut diapresiasi. Mereka adalah tenaga yang siap kapan saja. Bahkan mereka kerja tidak kenal waktu dalam membantu masyarakat, khususnya petani jagung," pungkas Usman.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif