Illustrasi ANT/Tommy Saputra.
Illustrasi ANT/Tommy Saputra.

YLKI: Keluhan Konsumen Harus Ditanggapi setiap Saat

04 September 2017 11:44
medcom.id, Jakarta: Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengatakan Hari Pelanggan Nasional yang diperingati setiap 4 September jangan hanya menjadi acara seremonial bagi pelaku usaha untuk menyapa konsumen.
 
"Pelaku usaha jangan hanya menyapa konsumen saat momentum Hari Pelanggan Nasional saja, tetapi seharusnya dilakukan setiap saat," kata Tulus dikutip dari Antara, Senin 4 September 2017. 
 
Tulus mengatakan, dalam menyambut Hari Pelanggan Nasional banyak pelaku usaha menyapa konsumen atau pelanggannya dengan berbagai cara, seperti memberikan potongan harga, tarif promo atau berbagai kegiatan lainnya.

Namun, Tulus menilai yang lebih penting dari Hari Pelanggan Nasional adalah pelaku usaha dapat melakukan edukasi secara sistematis dan berkelanjutan terkait hak-hak dan kewajiban pelanggan sebagai konsumen.
 
"Dengan begitu, pelanggan atau konsumen bisa lebih cerdas dan berdaya dalam menggunakan produk barang atau jasanya," ujarnya.
 
Bila pelanggan lebih cerdas dan berdaya dalam menggunakan barang dan jasa, Tulus mengatakan pelaku usaha tidak akan tersinggung saat dikritik konsumen terkait janji pelayanan dan kualitas produknya.
 
"Kritik konsumen seharusnya menjadi umpan balik bagi pelaku usaha untuk meningkatkan pelayanan secara keseluruhan," tuturnya.
 
Tulus menilai yang terjadi selama ini justru pelaku usaha terkesan defensif bila dikritik konsumen dan melakukan upaya pemidanaan terhadap konsumennya.
 
"Itu jelas fenomena yang sangat bertentangan dengan makna Hari Pelanggan Nasional dan pembungkaman terhadap hak-hak pelanggan," tegas dia. 

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(SAW)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan