Alasan Pola Konsumsi Masyarakat Beralih untuk Rekreasi
Ilustrasi kegiatan rekreasi. (FOTO: ANTARA/Arif)
Jakarta: Saat ini konsumen lebih mengutamakan atau mementingkan pengalaman saat menggunakan produk dan jasa sehingga terjadi perubahan pola perilaku para konsumen di Indonesia. Hal inilah yang diduga menjadi salah satu penyebab menurunnya konsumsi di kategori Fast Moving Consumer Goods (FMCG).

Hal ini sebagaimana hasil survei yang dirilis oleh sebuah perusahaan riset/survei pasar berbasis teknologi Neuroscience dan Artificial Intelligence (AI), PT Neurosensum Technology International. Hasil riset memperlihatkan bahwa perubahan perilaku konsumen mendorong kenaikan di sektor lain yang mengutamakan pengalaman seperti rekreasi dan industri pariwisata.

"Karena terjadinya peningkatan faktor pencetus stres dalam kehidupan sehari-hari, maka mendorong terjadinya peningkatan kebutuhan untuk melakukan rekreasi dan menikmati waktu luang sebagai cara untuk keluar dari rutinitas dan tekanan hidup yang dirasakan oleh para konsumen," kata Managing Director Neurosensum Rajiv Lamba, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu, 9 Mei 2018.

Untuk itu, tambah dia, para konsumen melakukan banyak kegiatan seperti perjalanan wisata, menyaksikan film di bioskop dan juga menonton konser. Fenomena ini terjadi di kalangan generasi Z, yaitu mereka yang lahir setelah 1996.

Dalam riset ini juga diperoleh informasi bahwa telah terjadi peningkatan konsumsi untuk produk elektronika dan data seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan pengalaman konsumen di media online.

"Di sisi lain, terjadi pula peningkatan pengeluaran untuk spa, gym, dan produk kebugaran lainnya sebagai dampak dari meningkatnya kepedulian konsumen terhadap kesehatan dan kebugaran," jelas dia.

Saat ini, sebagian besar produsen mengincar generasi milenial sebagai target utamanya, tapi di masa mendatang para produsen harus bisa merangkul generasi Z karena akan menjadi penentu dalam keputusan pembelanjaan di masa mendatang.

"Selain itu, saat ini, produsen tradisional cenderung menampilkan pesan dan penawaran yang kurang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh konsumen generasi Z dan hal ini sangat mengandung risiko bagi bisnis mereka," pungkas dia.



(AHL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360