Sri Mulyani Harap RI jadi Pemain Sawit Terbesar Dunia
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (FOTO: Medcom.id/Suci Sedya Utami)
Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati ingin agar Indonesia bisa memaksimalkan potensi untuk menjadi pemain terbesar dunia di bidang kelapa sawit.

Besarnya produksi kelapa sawit Indonesia, menurut Ani, seharusnya bisa membuat Indonesia lebih maksimal dalam menjadikan diri sebagai pemain atau produsen utama di kancah internasional.

"Saya sebetulnya mengharapkan Indonesia mampu menjadi pelaku dunia terbesar untuk kelapa sawit," kata Ani dalam seminar nasional sawit Indonesia di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Senin, 20 Agustus 2018.

Dia menuturkan jika menjadi pemain terbesar, Indonesia bisa mengatur keberadaan dan penggunaan produk-produk sawit dan mendapat kepercayaan dari dunia internasional. Menurut dia saat ini meski produksi kelapa sawit Indonesia tinggi namun dalam masalah regulasi masih tertindas oleh negara-negara lain.

Badan Pengelola Dana (BPBD) Perkebunan Kelapa Sawit menyatakan data produksi kelapa sawit di Mei 2018 mencapai 4,24 juta ton atau naik dari April yang sebesar 3,72 juta ton.

Dia pun menceritakan ketika menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia, banyak negara seperti Afrika dan Amerika Serikat yang sedang mempersiapkan diri untuk membangun kelapa sawit.

"Sebagai pemain terbesar dunia kita enggak harus menunggu, tapi bisa formulating, penetrating, atau bahkan twisting. Sementara saat ini Indonesia lebih banyak jadi pemain internal dan defensif," jelas dia.

 



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id