Marwan Jafar. (Foto: Dokumentasi Kementerian Desa, Pembanguan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi)
Marwan Jafar. (Foto: Dokumentasi Kementerian Desa, Pembanguan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi)

Marwan: Transmigrasi Mampu Meningkatkan Pertumbuhan Wirausahawan

Mohammad Adam • 08 September 2015 23:29
medcom.id, Jakarta: Gerakan transmigrasi diharapkan bisa menumbuhkan perekonomian di level nasional. Alasannya, gerakan transmigrasi dinilai bisa menyerap tenaga kerja dan menumbuhkan wirausahawan-wirausahawan baru di kawasan transmigrasi.
 
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Marwan Jafar menyatakan bahwa menjadi transmigran lebih terhormat daripada sekedar menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri. Proses pengiriman TKI baik yang legal maupun yang illegal pun nasibnya semakin hari semakin tidak membahagiakan.
 
"Oleh karena itu saya serukan sekali lagi bahwa transmigrasi adalah salah satu solusi untuk memberikan jalan keluar bagi pengangguran di Indonesia yang kita cintai,” ujar Marwan dalam keterangan tertulis, Selasa (8/9/2015).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan berkembangnya kawasan transmigrasi, ia menambahkan, tentu akan semakin banyak menumbuhkan para wirausahwan-wirausahawan baru yang bisa membantu meningkatkan perekonomian nasional. Selain itu, pemerintah akan memberikan dukungan penuh kepada para wirausahawan di kawasan transmigrasi.
 
"Sekali lagi, gerakan transmigrasi menjadi bagian untuk menggerakkan wirausahawan secara profesional,” kata Marwan.
 
Transmigrasi, menurut Marawan, sedikit banyak membantu menggerakkan ekonomi daerah, regional, maupun nasional. Buktinya, banyak para transmigran memiliki kisah sukses.
 
"Ini patut kita apresiasi, bahwa transmigrasi bisa mendorong ekonomi kita di level nasional,” kata Marwan.
 
Di sisi lain, gerakan transmigrasi tak hanya sekedar menyerap tenaga kerja. Gerakan transmigrasi juga bisa meningkatkan semangat dan membangun solidaritas kita sesame anak bangsa.
 
 
 
(ADM)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif