Tempat penukaran uang di parkiran IRTI Monas mulai dipadati masyarakat. (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu)
Tempat penukaran uang di parkiran IRTI Monas mulai dipadati masyarakat. (FOTO: Medcom.id/Annisa Ayu)

Masyarakat Mulai Padati Tempat Penukaran Uang di IRTI Monas

Ekonomi bank indonesia penukaran uang
Annisa ayu artanti • 17 Mei 2019 11:40
Jakarta: Parkiran IRTI Monas mulai dipadati banyak orang pagi ini. Bukan untuk berwisata ke Monumen Nasional (Monas), tapi masyarakat memadati area tersebut untuk menukarkan uang baru.
 
Penukaran uang baru memang menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia menjelang Lebaran. Masyarakat menukarkan uangnya mulai dari pecahan kecil hingga pecahan besar untuk dibagikan sebagai Tunjangan Hari Raya (THR) ke sanak keluarga.
 
Salah satu petugas tiket penukaran uang di Monas, Yogi, mengatakan sejak pagi hari masyarakat sudah mulai berdatangan untuk menukarkan uangnya. Padahal waktu penukaran uang dimulai pukul 09.00 WIB.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Iya ramai dari tadi, sekarang sudah antrean ke 273," kata Yogi kepada Medcom.id, di Parkiran IRTI Monas, Jakarta, Jumat, 17 Mei 2019.
 
Yogi juga menjelaskan, dalam sehari jatah penukaran hanya untuk 1.500 orang. Setiap orang akan diberikan tiket yang berisi nomor antrean. Nantinya petugas akan memanggil orang tersebut seusai nomor antrean.
 
Masyarakat Mulai Padati Tempat Penukaran Uang di IRTI Monas
 
Salah satu penukar uang, Zeti, mengatakan baru pertama kali menukarkan uang untuk Lebaran di parkiran IRTI Monas. Dia cukup terkejut karena antrean yang panjang.
 
"Ini baru pertama kali tukar di sini. Ternyata panjang juga ya (antrean)," ungkap Zeti.
 
Kali pertama, Zeti mengatakan, dia tidak mengetahui persyaratan penukaran uang harus membawa KTP dan batas penukaran uang Rp3,9 juta per tiga hari.
 
"Biasanya tukar di bank, makannya enggak tahu harus bawa KTP dan batasnya Rp3,9 juta. Kalau di bank itu bisa sampai Rp5 juta," tutur Zeti.
 
Namun Zeti yang datang bersama temannya tetap akan mencoba menukarkan uangnya di Parkiran IRTI Monas.
 
Berdasarkan pantauan Medcom.id,terdapat 17 bank yang terdiri bank BUMN, bank swasta, dan bank daerah yang membuka layanan penukaran uang di IRTI Monas. Beberapa antaranya ada Bank Mandiri, BRI, BNI, BTN, BCA, Bank Mega, dan beberapa bank lainnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif